,

Akhirnya, Kabar Dari Bulu Tangkis Menyebut Tontowi Ahmad Resmi Pensiun

by

Ulasanbola – Seorang atlet bulu tangkis Indonesia, Tontowi Ahmad akhirnya resmi menyatakan jika dirinya telah pensiun dari kompetisi yang diikutinya. Pebulu tangkis ganda campuran yang akrab disapa Owi itu memberi pengumuman mengenai keputusan tersebut melalui Instagram miliknya, pada hari Senin (18/5/20) tadi pagi.

Tontowi Ahmad sendiri diketahui sudah mengoleksi trofi bergengsi untuk kompetisi bulu tangkis yang ada di dunia. Prestasi tertinggi dari dodok atlet ini adalah saat meraih medali emas Olimpiade 2016 yang diselenggatakan di Rio de Janeiro, Brasil bersama rekan duetnya, Liliyana Natsir.

Sebagai rekan, Liliyana sebenarnya sudah memilih untuk gantung raket dahulu sejak tahun lalu, ketika diselenggarakannya kompetisi Indonesia Masters 2019. Setelah keputusan dari Liliyana disetujui, Tontowi Ahmad akhirnya sempat beberapa kali sering mencari rekan duetnya.

Tontowi bahkan sempat dipasangkan dengan sosok seperti Gloria Emanuelle Widjaja, lalu Winny Oktavina Kandow hingga yang terakhir Apriyani Rahayu. Setelah itu, Tontowi tidak pernah lagi naik ke podium paling atas setelah berpisah dari rekan sebelumnya, Liliyana.

Sinyal Sejak Februari

Akhirnya, Kabar Dari Bulu Tangkis Menyebut Tontowi Ahmad Resmi Pensiun

Sinyal untuk pensiun sebenarnya sudah Tontowi berikan sejak bulan Februari tahun ini. Kabar tersebut pertama kali diungkapkan juga oleh pelatih ganda putra dari pelatnas, Richard Mainaky. Setelah itu, Richard juga berbicara mengenai sosok Tontowi yang memberitahukan rencananya untuk mundur dari Pelatnas PBSI.

Richard juga sempat berbicara jika Tontowi menyampaikan rencananya itu ketika dirinya berbicara melalui pesan WhatsApp pada tanggal 11 Februari 2020. Tontowi saat itu mengatakan bakal membahas rencananya nanti dengan pelatihnya, Richard ketika bertemu di Pelatnas Cipayung kemarin.

“Memang, Owi sempat menghubungi saya melalui WA. Dirinya sempat mengatakan bahwa dirinya akan mundur jika kontraknya bersama Li Ning selesai pada awal bulan Maret. Dia bahkan ingin memutuskan untuk pensiun. Saya sendiri belum mengerti alasannya dengan jelas, karena kami belum bertemu langsung. Rencananya, Owi ingin mengajak bertemu saya, akan tetapi waktunya belum tepat,” ucap Richard.

Tontowi memang saat itu belum pernah berlatih bersama rekan-rekannya karena sedang melakukan pemulihan tifus. Faktor seperti itu ternyata membuatnya batal turun di pentas Barcelona Masters 2020. Atlet seperti Tontowi juga sempat dipasangkan dengan Apriyani Rahayu ketika bermain pada turnamen level Super 300 sebelum Tontowi untuk menyudahi kariernya.