Belum Pakai VAR, Insiden Zidane Menanduk Meterazzi Sempat Menyudutkan Wasit

by

Ulasanbola – Salah satu insiden yang tidak pernah dilupakan dalam Piala Dunia adalah ketika pertengkaran antara Zinedine Zidane dan Marco Materazzi yang berujung dengan tandukan Zidane yang membuat Materazzi terkapar. Saai itu, sang wasit yang memimpin laga, Horacio Elizondo memberikan kartu merah langsung kepada Zidane.

Keputusan sang wasit sempat dipertanyakan, bagaimana Elizondo bisa melihat insiden itu dan memberi keputusan. Sebab saat itu posisi Elizondo begitu jauh dari tempat perkara dan FIFA belum menerapkan sistem VAR.

“Saya melihat Materazzi tergeletak di tanah, dia berada sekitar 30 atau 40 meter jauhnya, maka saya menghentikan pertandingan sementara.” ucap Elizondo.

“Saat itu saya bertanya kepada diri saya sendiri, ‘oh, apa yang sedang terjadi?’.”

Asisten Wasit Juga Tidak Melihat

Asisten Wasit Juga Tidak Melihat

Elizondo pun langsung bertanya kepada asisten wasit yang menemaninya memimpin pertandingan kala itu. Sialnya, kedua asisten wasit juga tidak melihat insiden tersebut. Hal ini membuat dia bingung hingga akhirnya ofisial keempat memberi penjelasan untuk menyelamatkannya.

“Dengan segera melalui intercom saya bertanya apa yang terjadi kepada asisten saya.”

“Tetapi yang mengejutkan, mereka berkata tidak melihat apa pun yang terjadi atas insiden itu.”

“Dan saat saya sedang berpikir saya tahu sedang  berada dalam masalah, hingga penyelamat saya Luis Medina Cantalejo, ofisial keempat di final itu datang.”

Keputusan yang Tepat

Keputusan yang Tepat

“Dia memberi tahu saya ‘Hiracio, Hiracio, Zidane melakukan tandukan keras kepada Materazzi, ketika kau melihat videonya di hotel kau tidak akan mempercayainya!’.”

“Maka ketika saya tiba di tempat kejadian perkara, saya sudah mengetahui semua informasi itu dan keputusan saya untuk mengeluarkan Zidane dari pertandingan adalah keputusan yang tepat.” tutupnya.

Usai kartu merah yang membuat Prancis kehilangan satu pemainnya, laga tetap berjalan hingga berakhir di babak adu penalti dan berhasil di menangkan Italia (5-3) yang membuat mereka meraih gelar juara Piala Dunia 2006.