Cuplikan Gol Kolombia 1-1 (3-4) Inggris 4 Juli 2018, Piala Dunia 2018

by
Kolombia 1-1 (3-4) Inggris 4 Juli 2018

Ulasanbola – Inggris sukses ke babak perempat final Piala Dunia 2018 setelah ditentukan lewat drama adu penalti 1-1 (3-4) atas Kolombia yang digelar di Spartak Stadium pada hari Rabu (04/7) dini hari WIB tadi.

Inggris mencoba menekan sejak menit-menit awal, namun usaha dari beberapa peluang tidak ada yang membuahkan hasil. Di menit ke 16, Harry Kane mendapat peluang untuk mebuat Inggris memimpin, namun crossing yang diberikan Kieran Tripper masih disundul melambung ke atas gawang David Ospina.

Kolombia beruntung salah satu pemainnya tidak diberikan kartu merah, Wilmar Barrios kedapatan menanduk Jordan Henderson di menit ke 41. Hingga turun minum tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim dan dilanjutkan ke babak kedua.

Kembali dari kamar ganti, Inggris terus melancarkan serangan dan tekanan mereka di area pertahanan Kolombia. Di menit ke 54, Carlos Sanchez melakukan pelanggaran di kotak penalti dengan menarik Kane hingga terjatuh saat ingin menerima bola tendangan sudut. Hadiah panalti yang diberikan wasit tidak disia-siakan Kane, Inggris sukses memimpin 0-1 atas Kolombia setelah eksekusi penalti Kane tidak  tertebak oleh David Ospina.

Setelah Kane sukses menambah golnya yang ke enam dan membuat Inggris unggul, Kolombia mulai bermain lebih menekan untuk mengejar ketertinggalan. Jose Pekerman memasukkan beberapa pemain penyerang, yakni Carlos Bacca dan Mateus Uribe.

Memasuki injury time, Los Cafeteros pun menyerang habis-habisan di lini pertahanan Inggris. Terbukti menit-menit terakhir injury time, Yerry Mina menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tandukannya yang gagal dihadang Pickford dan Trippier melalui tendangan sudut.

Menyelamatkan Kolombia dari kekalahan, di babak tambahan kolombia lebih berani untuk menyerang, namun tidak ada serangan yang mengancam gawang Inggris.

Di babak tambahan kedua, Jamie Vardy langsung memberi ancaman ke gawang Kolombia. Namun usahanya tersebut masih dapat diamankan David Ospina. Hingga babak tambahan berakhir kedua tim masih sama-sama kuat dan akhirnya ditentukan melalui adu penalti.

Di babak adu penalti, Inggris dan Kolombia sukses mengeksekusi bola melalui dua penendang pertama. Namun Jordan Henderson gagal melakukan tugasnya, tendangannya masih terbaca oleh Ospina, sementara Luis Muirel berhasil menambah skor untuk Kolombia.

Hingga dua penendang terakhir dari kedua tim yang menentukan pemenang pada laga tersebut. Pemain Kolombia, Mateus Uribe dan Carlos Bacca gagal melakukan tugasnya, sementara Eric Dier yang menjadi eksekutor terakhir berhasil membuat Inggris unggul dan membawa Inggris lolos ke perempat final.

Anak asuh Gareth Southgate akan bertemu dengan Swedia di perempat final. Swedia sendiri berhasil maju ke perempat final usai mengalahkan Swiss dengan gol tunggal yang dicetak Emil Forsberg di menit ke 66.