Cuplikan Gol Korea Selatan 2-0 Jerman Piala Dunia 2018, 27 Juni 2018

by
Korea Selatan 2-0 Jerman Piala Dunia 2018

Ulasanbola – Sang juara bertahan Jerman, harus menelan pil pahit atas kekalahannya 2-0 melawan Korea Selatan di laga terakhir Grup F Piala Dunia 2018, pada hari Rabu (27/6) malam WIB.

Kekalahan ini membuat skuat Joachim Loew harus mengemasi kopernya dan pulang lebih cepat. Kekalahan ini telah mencoreng gelar juara yang mereka dapatkan di Piala Dunia 2014 Brasil, sekaligus membuat mereka terpuruk di dasar klasemen Grup F.

Joachim Loew yang sempat melakukan beberapa perubahan, kembali mempercayai Mesut Ozil sebagai starter dan Leon Goretzka yang dimainkan mengganti peran Thomas Muller di winger.

Jerman belum begitu menemukan permainan terbaiknya di babak pertama, pada menit ke 11 Jerman mempunyai peluang melalui tendangan bebas Toni Kroos. Namun sayang penjaga gawang Korea Selatan, Hyun-Woo begitu gesit dalam mengamankan bola.

Pada menit ke 18, giliran Korea Selatan yang mendapatkan kesempatan tendangan bebas. Tapi tendangan yang dilakukan Woo-Young masih dapat ditangkap sempurna oleh Manuel Neuer.

Peluang beruntun Jerman juga terjadi dimenit 33 dan 38. Tapi tendangan yang dilepas Reus masih dapat dimentahkan Hyun-Woo dan dari Timo Werner yang masih mengenai pemain belakang Korea Selatan.

Ozil yang mendapatkan kesempatan menjadi starter lagi juga mencoba menbobol gawang Korea Selatan. Tetapi tendangan kaki kirinya masih dapat ditahan oleh Hyun-Woo.

Di babak kedua Jerman memiliki begitu banyak peluang. Di menit ke 64 Werner melepas tendangan keras, namun masih belum begitu terarah dengan baik. Tiga menit setelahnya Mario Gomez yang baru masuk di babak kedua juga melepas sundulan, namun pertahanan Hyun-Woo sangat baik dalam menangkap bola.

Tidak banyak serangan yang dilakukan Korea Selatan, namun pada menit-menit akhir, Korea berhasil memecah kebuntuan melalui kelalaian lini pertahanan Jerman, Son Heung-Min yang menendang bola ke gawang Neuer sempat dinyatakan offside. Wasit yang mengecek dan review gol tersebut malaui VAR, pada akhirnya wasit mengesahkan gol tersebut di menit 90+2.

Tersisa empat menit, Jerman benar-benar dalam keadaan tersudut. Bermaksud membantu penyerangan total, Manuel Neuer kelepasan bola dan dimanfaatkan Korea Selatan untuk menyerang balik. Tiada penjagaan dari Jerman, Son Heung-Min menambah gol untuk Korea Selatan dengan mudah di menit 90+6.

Hingga akhir laga, Jerman tidak dapat membalas ketertinggalan mereka. Skor 2-0 untuk kemenangan Korea Selatan atas Jerman. Namun kemenangan pertama bagi Korea Selatan ini, tetap tidak dapat membuat mereka lolos ke 16 besar karena Swedia dan Meksiko yang masing-masing mengantongi enam poin. Sementara Jerman dan Korea Selatan yang hanya mengantongi tiga poin saja.