Cuplikan Gol Kroasia 2-1 Inggris Piala Dunia 2018, 12 Juli 2018

by
Kroasia 2-1 Inggris Piala Dunia 2018

Ulasanbola – Kroasia berhak lolos ke final Piala Dunia 2018 untuk pertama kalinya setelah membuat Inggris menyerah dengan skor 2-1 dalam laga semifinal hari Kamis (12/7) dini hari WIB tadi di Luzhniki Stadium.

Laga yang masih berjalan lima menit, Inggris telah berhasil unggul atas Kroasia 0-1 berkat gol tendangan bebas akurasi tinggi yang dilepaskan Kieran Trippier. Sebelumnya kesempatan berbuah gol ini terjadi akibat Luka Modric yang melakukan pelanggaran kepada Dele Alli di depan kotak penalti.

Di menit ke 29 Three Lions kembali mendapat peluang melalui sang kapten, Harry Kane, namun sayang tendangannya masih dapat diantispasi oleh Danijel Subasic.

Kroasia yang mengalami ketertinggalan mencoba meninggkatkan intensitas serangannya, namun hinga akhir babak pertama skor masih 0-1 hingga dilanjutkan ke paruh waktu kedua.

Di babak kedua, setelah melakukan beberapa serangan, akhirnya usaha anak asuh Zlatko Dalic berbuah manis. Umpan crossing yang diberikan Sime Vrsaljko langsung disambut Ivan Perisic dengan suntekan kakinya, bola yang mengarah ke gawang tidak dapat di tepis Jordan Pickford dan menyamakan kedudukan 1-1.

Beberapa menit kemudian, Kroasia hampir membalikkan kedudukan yang lagi-lagi melalui Ivan Perisic, namun sayang kali ini tendangannya masih membentur mistar gawang.

Tidak ingin mengambil resiko, Gareth Southgate melakukan sedikit perubahan dengan menarik keluar Raheem Sterling dan memasukkan Marcus Rashford.

DI menit ke 82, Mandzukic mendapat peluang dengan menerima umpan jauh dari Marcelo Brozovic. Punggawa Juventus itu melakukan kontrol dada dan melesatkan tendangan voli, namun Pickford masih cukup sigap untuk mengamankan bola tersebut. Skor 1-1 memaksa kedua tim untuk melanjutkan pertandingan di babak tambahan.

Di babak tambahan, kedua tim sama-sama melakukan perubahan di sayap kiri dengan memasukkan Danny Rose dan Ashley Young di masing-masing tim. Kroasia juga menarik keluar Ivan Strinic yang digantikan oleh Josip Pivaric.

Inggris hampir memimpin kembali melalui tendangan sudut, bola tersebut disundul oleh John Stones ke arah tiang jauh, tapi bola tersebut berhasil digagalkan dengan sundulan Vrsaljko yang berdiri di garis gawang.

Sebelum menjelang akhir babak tambahan pertama, Pickford sempat melakukan penyelamatan gemilang ketika berhasil menggagalkan peluang yang diciptakan Mandzukic di depan gawang.

Akhirnya di babak tambahan kedua pada menit ke 109, Mandzukic berhasil mencatatkan namanya ke papan skor. Duel udara antara Kieran Trippier dan Ivan Perisic yang berhasil mendapatkan bola dengan sundulannya, langsung mengarahkan bola ke depan gawang, Mandzukic yang dengan cepat melepaskan diri dari penjagaan pemain belakang Inggris langsung menendang bola dan berhasil menambah angka untuk Kroasia.

Merasa khawatir dengan sisa waktu yang tidak banyak, Inggris sempat melancarkan serangan cukup banyak, namun tetap tidak dapat mengejar ketertinggalan. Skor 2-1 menjadi kemenangan Kroasia atas Inggris dan membuat anak asuh Zlatko Dalic maju ke final dengan bertemu Prancis untuk memperebutkan gelar juara Piala Dunia 2018 Rusia.