Cuplikan Gol Prancis 4-2 Kroasia Piala Dunia 2018, 15 Juli 2018

by
Cuplikan Gol Prancis 4-2 Kroasia Piala Dunia 2018

Ulasanbola – Pertandingan final Piala Dunia 2018 Rusia, antara Prancis kontra Kroasia pada hari Minggu (15/7) malam WIB di Luzhniki Stadium berhasil dimenangkan Prancis (4-2). Kemenangan ini menjadi catatan sejarah baru bagi Les Bleus setelah terakhir kali mengangkat trofi Piala Dunia pada tahun 1998 silam.

Di babak pertama, Kroasia langsung mencoba mengambil inisiatif menyerang di menit-menit awal. Ivan Perisic dan Ante Rebic menekan dari kedua sisi, sementara Mario Mandzukic siap untuk menerima bola di depan gawang Prancis. Tekanan dari Kroasia masih belum berbuah gol, sebaliknya mereka harus ketinggalan angka setelah Mandzukic melakukan blunder.

Di menit ke 18, Prancis yang mendapatkan tendangan bebas la tidak disia-siakan Antoine Griezmann sebagai eksekutor. Griezmann melepaskan bola langsung ke arah gawang Kroasia, namun Mandzukic yang salah mengantispasi bola dengan kepalanya justru membuat bola masuk ke gawang Danijel Subasic.

Namun, keunggulan Prancis hanya bertahan selama sepuluh menit saja. Lewat serangan yang tertata baik, anak asuh Zlatko Dalic langsung menyamakan keunggulan lewat Ivan Perisic. Modric yang memberikan umpan crossing ke sisi kiri pertahanan Prancis menciptakan duel udara yang tiga kali dimenangkan pemain Kroasia dan berakhir di kaki Domagoj Vida yang langsung memberikan umpan pada Ivan Perisic. Mendapat momen yang tepat, Perisic langsung melesatkan tendangan keras yang tidak dapat di jangkau Hugo Lloris. Kroasia berhasil menyamakan kedudukan 1-1.

Kontroversi terjadi di menit ke 36, Prancis yang mendapat tendangan sudut melepaskan umpan ke arah gawang Kroasia melalui Griezmann. Namun Ivan Perisic yang menghalau bola tanpa sengaja mengenai tangannya yang membuat wasit harus memastikannya melalui VAR. Wasit Nestor Pitana yang selesai mengecek melalui VAR, langsung mengesahkan pelanggaran Perisic dan menunjuk ke titik putih untuk Prancis.

Di menit 38, Griezmann yang menjadi eksekutor dengan tenang melepaskan tendangan, yang arah bola tersebut salah diprediksi Subasic. Gol tersebut membuat Prancis kembali memimpin atas Kroasia hingga di lanjutkan ke babak kedua.

Di babak kedua, Kylian Mbappe menerobos masuk sisi kiri pertahanan Kroasia langsung memberikan umpan dan di terima oleh Griezmann. Mendapat posisi yang kurang bagus, Griezmann memberikan bola ke Paul Pogba. Dengan cepat Pogba menendang bola dengan kaki kanannya, namun bola masih terkena pemain belakang Kroasia. Bola yang masih berada di depannya, langsung dilanjutkan dengan tendangan keras kaki kirinya yang membuat Subasic mati langkah dan kembali mengalami kebobolan.

Tanpa menunggu lama, enam menit setelah itu tepatnya di menit ke 65 Prancis kembali menjauhkan keunggulan dari Kroasia. Kylian Mbappe yang mendapat bola langsung melihat celah dan melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang gagal ditutup Vida. Bola tersebut kembali bersarang di gawang Subasic dan menambah angka untuk Prancis.

Namun tidak berselang lama, Kroasia berhasil mengecilkan kedudukan. Kesalahan yang dilakukan kapten Prancis, Hugo Lloris ketika mencoba menguasai bola dengan kakinya membuat Mandzukic berhasil menyambar bola tersebut dan mencatatkan namanya di papan skor.

Pertandingan masih berlanjut, ada beberapa peluang dari kedua tim yang terjadi di sisa pertandingan. Namun hingga peluit panjang ditiup oleh wasit, kemenangan masih menjadi milik Prancis dengan skor 4-2 atas Kroasia dan membuat Les Bleus berhak untuk mendapatkan trofi Piala Dunia 2018.