, ,

Demi Melanjutkan Kompetisi, Liga Champions Menjadi Turnamen Mini

by

Ulasanbola – UEFA yang tetap dipercaya sebagai Asosiasi yang dipercaya mengadakan kompetisi Eropa akhirnya berbicara mengenai Liga Champions dan Liga Europa ketika mengadakan pertemuan darurat. Pertemuan mereka sempat diadakan pada hari Selasa (17/3/20) kemarin sudah memutuskan kompetisi yang sedang ditunda saat ini akibat virus Corona. Keputusan dari UEFA setelah pertemuan tersebut ternyata harus menunda kompetisi Euro 2020 hingga satu tahun ke depan atau tahun 2121.

Pertemuan yang mereka adakan ternyata dianggap sangat penting saat adanya pandemi virus corona yang mewabah. UEFA juga sempat mengundang tiga pilar utama sepak bola Eropa untuk melakukan konferensi video demi membahas keputusan mereka.

Akhirnya, UEFA tetap masih fokus untuk mengatasi krisis yang sudah bergejolak di depan mata. Adanya krisis karena pandemi virus Corona ternyata sangat menghabiskan banyak waktu di sisa musim ini. Selain itu, kasus tersebut memiliki dampak konsekuensi dengan kompetisi Euro 2020 yang harus ditunda.

Memang belum ada hasil yang harus dilakukan untuk ditempuh demi menyelesaikan sisa Liga Champions dan Liga Europa. Turnamen besar Eropa tersebut harus ditunda di pertengahan babak 16 besar dan UEFA musti menjadwalkan ulang semua laganya.

Karena Liga Champions tidak bisa diabaikan begitu saja, hal seperti itu memang tidak mungkin dibatalkan dari satu pihak saja. UEFA sendiri harus menyesuaikan diri dengan jadwal liga domestik masing-masing negara yang melaksanakannya.

Perubahan Jadwal Liga Champions

Demi Melanjutkan Kompetisi, Liga Champions Menjadi Turnamen Mini

Kompetisi Final Liga Champions 2019/20 ini diharap akan dimainkan pada tanggal 27 Juni 2020 di Ataturk Olympic Stadium, dan Istanbul di Negara Turki. Sayangnya, mereka belum bisa memberikan detail untuk melanjutkan partai yang seharusnya dimainkan.

Lalu keputusan dari UEFA akhirnya memundurkan jadwal kompetisi Euro 2021 dan memberikan waktu satu bulan tambahan demi kompetisi domestik klub-klub Eropa. Namun, langkah-langkah yang sudah ada dipikiran mereka ini ternyata masih belum ada kepastian.

Kemudian kompetisi Liga Champions dan juga Liga Europa sepertinya akan dimainkan sesuai jadwal baru untuk klub-klub Eropa. Pada intinya, UEFA harus mengalah dan mengatur semua jadwal agar kompetisi domestik masih bisa dilanjutkan.

Dan sekarang ini, UEFA harus meyakini klub-klub tetap bisa kembali bertanding pada pertengahan bulan April nanti. Ini memang sebuah perjudian yang besar, karena mengingat hal ini masih belum pasti tentang pandemi virus corona sudah mereda atau tambah besar.

Perubahan Kompetisi Liga Eropa

Untuk kompetisi Liga Europa sendiri ternyata harus dihentikan di tengah-tengah babak 16 besar. Hal itu bisa menjadi langkah yang sama seperti kompetisi Liga Champions: UEFA bisa saja mengadakan turnamen mini empat besar hanya beberapa hari saja.

Kemudian beberapa pertemuan di 16 besar yang belum dimainkan sama sekali seperti laga Inter vs Getafe dan Sevilla vs AS Roma juga bisa jadi diubah menjadi duel satu leg saja.

Kemudian untuk Final Liga Europa bisa jadi akan digelar pada tanggal 24 atau 25 Juni di Stadion Energa Gdansk, Polandia. Nantinya, laga Final bakal dilangsungkan beberapa hari sebelum babak final Liga Champions dilangsungkan.