,

Detik-detik Kompetisi Premier League Bakal Dibatalkan Karena Corona

by

Ulasanbola – Virus corona atau Covid-19 yang mewabah dan mengancam keberlangsungan Premier League musim 2019/20 semakin mengkhawatirkan. Di Serie A dan La Liga sebelumnya, pihak penyelenggara lengsung menghentikan jadwal untuk sementara, dan kini Premier League juga bisa mengikutinya.

Pada hari Jumat (13/3/20) tadi pagi, beberapa kabar buruk datang dari liga nomor satu di Inggris. Bermula dari Arsenal yang mengonfirmasi bahwa pelatih utamanya, Mikel Arteta sudah positif Covid-19, kemudian Chelsea juga memastikan bahwa Callum Hudson-Odoi positif terjangkit juga.

Kemungkinan besar, kedua tim tersebut tidak mungkin bisa bermain sesuai jadwal, terutama Arsenal yang kehilangan pelatih mereka hingga 14 hari ke depan atau lebih.

Keputusan Penting

Detik-detik Kompetisi Premier League Bakal Dibatalkan Karena Corona

Arsenal yang memberikan konfirmasi bahwa Arteta sudah positif terkena virus tersebut, Premier League kemudian menggelar pertemuan darurat yang dijadwalkan pada hari Jumat (13/3/2020) nanti sore. Pertemuan mereka akan membahas bagaimana mereka menyikapi wabah Covid-19 yang menyerang seorang pemain dan pelatih yang aktif.

Beberapa opsi pilihan mereka adalah, pertandingan tanpa penonton bisa dilakukan atau menunda pertandingan hingga waktu yang ditentukan. Karena dengan melihat sikap Serie A dan La Liga, kompetisi Premier League seharusnya memilih opsi yang kedua sama seperti kompetisi lain.

Namun, Sebuah media dari Inggris melaporkan ada opsi ketiga yang diusung sejumlah petinggi klub EPL ini. Tambahan ketiga ini sedikit ekstrem, yaitu pembatalan liga sepenuhnya dan mengulangi dari awal mungkin musim depan.

Keputusan Akhir

Mengutip dari media, beberapa petinggi klub ingin musim ini batal, dan tidak hanya ditunda saja. Para petinggi memang tidak setuju jika Premier League musim ini berjalan normal karena adanya kasus Covid-19.

Komentar lain yang juga melawan gagasan dengan memainkan pertandingan tanpa penonton, seperti Josep Guardiola dan jugs Nuno Espirito Santo.

Ketika musim ini serius dibatalkan, Liverpool pasti kehilangan kesempatan terbaik mereka untuk meraih gelar juara pada musim ini. Dan kabar buruk bagi mereka dan Jurgen Klopp pasti sangat menjatuhkan mentalnya.

Jika melihat sisi lainnya, pembatalan musim ternyata menjadi kabar baik untuk tim-tim yang sedang duduk di zona degradasi. Tim zona degradasi ini bakal terhindar dibuang dari kompetisi besar Inggris karena musim selanjutnya masih bisa terdaftar.

Suara Kecil

Selain itu, media juga melanjutkan bahwa minoritas tim memang ingin musim ini dibatalkan termasuk yang jumlah poinnya kecil. Kasus begini memang jarang terjadi, karena gagasan yang umumnya selalu di tolak mentah-mentah.

Membuat skenario yang sama kemungkinan bisa jika meniru langkah Serie A dan La Liga yang menghentikan pertandingan pada musim ini. Target mereka musim ini bisa berjalan lagi, namun semua bergantung pada kondisi penyebaran wabah virus corona.

Bagaimanapun juga, keputusan untuk kompetisi Premier League masih ditunggu lagi. Kemudian hari Jumat (13/3/20), dan hasil rapat para petinggi nanti seharusnya bisa medapatkan keputusan yang tidak merugikan berbagai pihak.