Di Spanyol, Kompetisi La Liga Akan Dilanjutkan Lima Minggu Lagi

by

Ulasanbola – Sebagai seorang pelatih Sevilla, sosok Julen Lopetegui ternyata memberikan respon tentang wacana digulirkannya kembali La Liga musim ini. Lopetegui bahkan menyatakan jika kompetisi kasta tertinggi sepakbola tersebut akan belangsung lima pekan lagi.

Sejak pertengahan bulan Maret lalu, La Liga memang harus ditangguhkan oleh pihak RFEF untuk resmi ditunda. Keputusan itu mereka lakukan karena terjadinya pandemi virus Corona yang memakan banyak korban jiwa di benua Eropa.

Bahkan pada belakangan ini, untuk kurva penyebaran virus Corona di Negara Spanyol memang sudah melandai dan korban semakin berkurang. Dengan korban kematian akibat pandemi ini, sempat beredar wacana jika La Liga akan kembali dilanjutkan dalam waktu dekat ini.

Lopetegui sebagai pelatih salah satu klub La Liga memang mendukung wacana tersebut. “Sebelum kompetisi La Liga kembali dilanjutkan, kondisi serta jaminan lingkungan daerah Spanyol harus tersedia dimanfaatkan lagi,” ujar Lopetegui.

Tergantung Situasi

Di Spanyol, Kompetisi La Liga Akan Dilanjutkan Lima Minggu Lagi

Ternyata, Lopetegui langung menyebut jika wacana akan dilanjutkannya kembali La Liga bisa terlaksana kembali sesuai harapan. Dirinya juga sempat menilai perlu adanya waktu adaptasi tambahan untuk tubuh para pemain agar mereka siap menuntaskan sisa musim ini.

“Semuanya memang harus menjadi manusia yang meyakini bahwa semua pasti khawatir mengenai virus Corona ini. Dengan adanya situasi seperti ini, ternyata sangat mempengaruhi banyak orang termasuk pemain sepakbola juga.”

“Sebagai seorang yang dipercaya menjadi manajer, saya juga akan melihat durasi waktu selama lima minggu demi menyiapkan pemain untuk bermain setiap tiga hari sekali. Ini juga dilakukan karena kondisi seperti ini belum pernah terjadi, di mana kami harus bermain tanpa penonton namun para pemain harus berada dalam kondisi sehat.”

Eksperimen Jadwal Baru

Dengan melihat kurva virus Corona yang melandai, klub Inggris seperti Arsenal diketahui sudah latihan sesuai aturan pemerintah. Akhirnya, Lopetegui juga mejelaskan jika perubahan jadwal La Liga nanti pasti mempengaruhi banyak hal, khususnya dalam persiapan semua tim La Liga menyiapkan musim 2020/21.

“Pada akhir musim nanti, semua akan menjadi eksperimen untuk semua klub karena kami tidak akan tahu apa yang akan terjadi nanti. Namun, kami hanya memerlukan lingkungan yang tenang saat sedang menunggu, dan harus mengedepankan kesehatan setiap masyarakat.”

“Saya juga meyakini kondisi seperti ini akan berbeda pada musim panas nanti. Entah itu dari sisi performa, atau pikiran yang hanya 20% saja dari situasi pra musim yang seperti biasa.” pungkasnya.