Dinilai Tangguh dengan Motor Apapun, Santi: Marquez Pembalap Istimewa

by
Dinilai Tangguh dengan Motor Apapun, Santi: Marquez yang Pembalap Istimewa

Ulasanbola – Kepala kru (Crew Chief) tim Marc Marquez, Santi Hernandez menyebut pembalapnya memiliki keistimewaan dan berbeda dengan pembalap yang lainnya. Hal itu diungkapkannya pasca The Baby Alien berhasil menorehkan gelar juara kelimanya di GP Jepang beberapa waktu lalu.

Santi pertama kali menjalin kerjasama dengan Marquez pada tahun 2011 lalu. Kerja keras mereka nyaris berhasil memperoleh gelar dunia moto2, tetapi Marquez mengalami cedera mata dan gelar akhirnya jatuh pada Stefan Bradl. Pada tahun 2012, akhirnya mereka dapat menjuarai kelas intermediate tersebut.

Kesuksesan ini membuat Marquez memutuskan tetap mempertahankan dan memboyong para krunya ke MotoGP tahun 2013 lalu. Alhasil, kerjasama yang sudah terjalin sangat baik tersebut terus membuahkan hasil manis di kelas MotoGP. The Baby Alien berhasil meraih gelar pertama pada musim pertamanya di MotoGP dan menjadi juara termuda sepanjang sejarah.

Istimewa dan Berbeda

Istimewa dan Berbeda
“Tentu saja saya mengharapkan hal ini (menjuarai lima gelar) saat kami memulai proyek MotoGP di tahun 2013. Saat dia berhasil mendapatkan gelar juara dunia itu, saya sudah mengetahui bahwa Marc istimewa dan berbeda dari pembalap lain. Kami tidak pernah kehilangan arah dari tujuan kami. Saya tahu orang menganggap ini hal yang hebat, tapi (ketahui juga) untuk meraih lima gelar juara tidaklah mudah.” ungkap Santi.

“Kami mengubah sesuatu setiap tahun karena kami selalu mencoba untuk belajar dari tahun sebelumnya. Apa yang kami lakukan hampir tidak berbeda ketika berada di Moto2. Kami harus memperhatikan semua hal di setiap tahun dan setiap balapan. Setiap pembalap pasti akan terus menambah pengalaman, begitu juga dengan saya yang bekerja di luar lintasan. Seluruh anggota tim kami selalu belajar satu sama lainnya.” tutur Santi.

Lebih lanjut, Santi juga menyebut bahwa menjinakkan motor dengan tingkat kesulitan seperti RC213V bukanlah hal yang mudah. Dirinya menilai hal ini tidak terlepas dari bakat dan potensi yang dimiliki oleh Marquez.

“Marc juga bisa menunggangi motor yang tidak sempurna dan dia akan menang dengan itu. Dia selalu mengerahkan segalanya, dia juga sangat memahami masalah yang ada pada motornya. Tetapi ada beberapa yang tidak dapat diperbaiki dan saat itulah dia akan mengimbangi dengan bakatnya.” tandasnya.