Douglas Costa, Winger Juventus yang Sangat Mematikan di Serie A

by
Douglas Costa, Winger Juventus yang Sangat Mematikan di Serie A

Ulasanbola Seorang pelatih Juventus musim ini, Maurizio Sarri merasa senang dengan performa timnya setelah menang dari Lecce. Duduk di peringkat pertama klasemen sementara karena bermain satu laga lebih dahulu, sang pelatih memberikan pujian kepada pemain andalannya, termasuk Douglas Costa meski sebelumnya duduk di bangku cadangan.

Juventus yang berjumpa dengan Lecce untuk duel di pekan ke-28 Serie A 19/20, hari Sabtu (27/6/20) dini hari tadi. Kemenangan Juventus dengan skor 4 gol tanpa balas memang digelar di Allianz Stadium markas I Bianconerri.

Gol yang dicetak Juventus tercatat dilakukan oleh Paulo Dybala, kemudian eksekusi penalti Cristiano Ronaldo, serta gol dari Gonzalo Higuain, dan juga Matthijs de Ligt. Semua gol yang diciptakan Si Nyonya Tua Italia tersebut tercipta di babak kedua dan benar jika Lecce hanya bermain dengan 10 pemain.

Hasil setelah laga semalam, akhirnya membuat Juventus kokoh di puncak klasemen sementara Serie A musim ini. Juventus memang sudah mengumpulkan 69 poin dari 28 laga yang dimainkan. Klub yang berada di posisi kedua tetap ada Lazio yang mengumpulkan 62 poin dari 27 laga.

Winger Mematikan

Douglas Costa, Winger Juventus yang Sangat Mematikan di Serie A

Pelatih Maurizio Sarri memang mempercayakan trio lini serangnya kepada Cristiano Ronaldo, Paulo Dybala, dan Federico Bernardeschi dari menit awal permainan dimulai. Trio lini serang itu memang bekerja dengan baik di laga melawan Bologna, meski sempat kesulitan saat bertemu Lecce.

Pada babak kedua pertandingan bergulir, akhirnya Sarri membuat perubahan dengan memainkan Douglas Costa untuk menggantikan Adrien Rabiot sebagai winger. Namun untuk lini depan harus berubah, dengan Douglas Costa yang harus turun menggantikan sosok Bernardeschi.

Empat gol yang dicetak oleh Juventus ternyata disumbangkan oleh sosok Douglas Costa di lapangan dan bermain di babak kedua. Meskipun tidak terlibat dalam semua proses gol tersebut, dirinya memiliki peran yang sangat penting. Douglas Costa sempat memberikan satu assist yang bisa terjadi gol milik Matthijs de Ligt.

Menurut catatan, selama 38 menit Douglas Costa mengkreasi lima peluang yang sangat membantu timnya. Dengan tujuh kali melakukan dribble yang sukses, peran lainnya sangat penting untuk Juventus.

Supersub Juventus

Douglas Costa sendiri memiliki kecepatan dan kemampuan dalam melewati lawan-lawannya dengan driblle yang sangat lincah. Teknisnya, Douglas Costa bisa terlihat efektif dalam memainkan bola di babak kedua ketika banyak pemain lawan kehabisan terlihat lesu.

Pada musim ini, Douglas Costa memang sudah memainkan 16 laga di Serie A jika ditotal. Sebagai seorang mantan pemain Bayern Munchen, dirinya hanya turun enam kali sebagai pemain inti dan 10 kali bermain sebagai supersub.