Dovizioso: Motor Honda yang Membuat Gaya Balap Marquez jadi Agresif

by

Ulasanbola – Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso menyebut gaya balap yang dimiliki Marc Marquez saat ini merupakan pengaruh dari pengembangan motor yang dilakukan Repsol Honda. Dovizioso menilai bahwa saat ini Marquez telah jauh lebih matang dan berkembang dari sebelumnya.

Menurut The Little Dragon, motor Honda RC213V lah yang telah membuat gaya balap Marquez cenderung agresif. Dovizioso pun menegaskan bahwa gaya balapnya yang lebih tenang juga akan berubah jika diminta untuk mengendarai motor Honda.

Dovizioso dan Marquez memang memiliki gaya balapan yang bertolak belakang. Tetapi penampilan luar biasa kedua pembalap tersebut di Sirkuit Internasional Buriram, mampu membuktikan kapasitas mereka dengan tetap menahan jarak para pembalap Movistar Yamaha yang juga tampil impresif dan lebih kuat di seri ke 15 MotoGP 2018 akhir pekan kemarin.

Karena Karakteristik Motor

Karena Karakteristik Motor

“Gaya balap dan karakteristik motor merupakan dua hal yang berbeda, kedua hal itu telah menciptakan perbedaan yang sangat besar. Menurut saya Marquez menjadi sama seperti Honda, lincah dan agresif. Walaupun beigitu, gaya balapnya telah banyak berubah selama di MotoGP.” ujar Dovizioso.

“Gaya balap saya sedikit santai, tetapi Anda memang harus melakukan itu jika ingin mengendarai motor Ducati. Anda tidak bisa membawanya dengan gaya agresif. Saya pun juga tidak akan berhasil jika membawa motor Honda dengan gaya Ducati.” jelas pembalap nomor 04 tersebut.

Marquez sendiri juga sempat mengakui bahwa dirinya juga tidak akan malu untuk menggunakan gaya balap Dovizioso saat di GP Thailand 2018 akhir pekan lalu. Dirinya ingin meniru gaya Dovizioso yang lebih halus, tidak terlalu miring saat di tikungan serta membuka gas lebih cepat untuk mendapatkan akselerasi yang lebih optimal. Hal itu diyakini Marquez akan memberikan tantangan dan pengalaman baru baginya.