Dua Pelatih yang Bisa Menggantikan Jurgen Klopp di Liverpool

by
Dua Pelatih yang Bisa Menggantikan Jurgen Klopp di Liverpool

Ulasanbola – Jurgen Klopp saat ini sedang menjalani masa-masa indah bersama Liverpool untuk meraih gelar Premier League musim ini. Namun, peluang dirinya hengkang ke klub lain masih sangat terbuka juga karena Klopp mengakui itu. Liverpool kini dipercaya sudah memiliki dua kandidat ideal untuk menjadi pengganti mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Sebagai seorang pelatih, Jurgen Klopp memang memilih bekerja sama dengan Liverpool pada Oktober 2015 lalu. Pelan-pelan, seorang pria asal Jerman berusia 52 tahun itu pun mampu membawa The Reds ke persaingan top Eropa lagi.

Lalu pada musim 2018/19 sebelumnya, Jurgen Klopp mampu membawa Liverpool meraih gelar Liga Champions yang keenam. Selain itu, mereka juga nyaris menjadi juara Premier League meski masih kalah jumlah poin dengan Manchester City. The Reds saat itu hanya terpaut satu poin saja dari Man City asuhan Pep Guardiola yang duduk di peringkat pertama.

Namun meski gagal mempertahankan gelar Liga Champions, performa dari Liverpool pada musim 2019/20 masih mendapat pujian. Liverpool terlihat sangat konsisten di Premier League dan saat ini berada di ambang gelar juara karena duduk di peringkat pertama selisih 25 poin dari Man City.

Julian Nagelsmann

Dua Pelatih yang Bisa Menggantikan Jurgen Klopp di Liverpool

Jurgen Klopp sendiri memiliki kontrak dengan Liverpool hingga bulan Juni 2024 nanti. Namun karena butuh tantangan lagi, pria asal Jerman tersebut dipercaya bakal hengkang dari Liverpool sebelum kontraknya selesai.

Dikutip media, saat ini sudah ada dua kandidat kuat yang mungkin bisa menjadi pengganti Jurgen Klopp untuk Liverpool. Salah satunya adalah nama pelatih, Julian Nagelsmann.

Seorang Julian Nagelsmann sendiri menjadi sorotan ketika dirinya berhasil membesut Hoffenheim di Bundeliga. Memang tidak ada gelar juara bersama Die Kraichgauer, akan tetapi dia berhasil membawa Hoffenheim ke kompetisi Liga Champions. Salah satu pemain andalannya saat itu, Roberto Firmino contohnya, yang dibesut dan menjadi pemain yang diandalkan.

Julian Nagelsmann juga sempat melatih RB Leipzig dan memiliki kontrak jangka panjang hingga tahun 2121. Dia juga sempat mengukir rekor sebagai pelatih termuda karena mampu membawa timnya ke perempat final Liga Champions di usia 32 tahun.

Julian Nagelsmann dipercaya akan menjadi salah satu pelatih yang paling potensial di kancah Eropa.

Pep Ljinders

Kemudian yang menjadi kandidat ideal kedua sebagai pengganti Jurgen Klopp di Liverpool adalah Pep Lijnders, asal Belanda. Dirinya dipercaya bisa menjadi pilihan yang sesuai karena tidak asing dengan skuat The Reds karena sempat menjadi asisten untuk Klopp.

“Pep Lijnders memang masih sangat dihormati oleh para pemilik dan merupakan sosok yang populer di klubnya. Dirinya juga akan menjadi bagian dari percakapan untuk manajemen. Dia kemungkinan besar menjadi pilihan yang sangat menarik,” tulis jurnalis, James Pearce.

Pep Lijnders juga sempat mulai menjabat sebagai asisten Jurgen Klopp pada bulan Juni 2018. Pria asal Belanda tersebut sempat juga menjadi pelatih kepala untuk klub NEC pada tahun 2018 lalu. Pep Lijnders memang pernah juga menjadi asisten di Liverpool ketika diasuh Brendan Rodgers.