Eks Presiden Barcelona: Ingin Messi Free Transfer, Silahkan!

by
Eks Presiden Barcelona: Ingin Messi Free Transfer, Silahkan!

Ulasanbola Mantan presiden Barcelona, Joan Laporta menanggapi terkait isu kepergian Lionel Messi. Meski kontrak penyerang timnas Argentina itu akan berakhir musim depan, Laporta meminta Barcelona untuk tidak menurunkan klausul rilis sang pemain sedikit pun.

Saat ini Barcelona sedang terancam kehilangan Messi. Kapten Blaugrana itu diketahui menolak perpanjangan kontraknya dan meminta manajemen untuk melepasnya di musim panas ini.

Banyak faktor yang mendorong Messi untuk hengkang. Sebelumnya Messi sangat frustasi atas kegagalan Barcelona di Liga Champions. Pemerosotan Barcelona dalam beberapa musim terakhir ini membuatnya semakin ragu untuk bertahan.

Selain itu, kabarnya Messi juga tidak senang dengan proyek baru Barcelona bersama Ronald Koeman. Sebab mantan pelatih timnas Belanda itu berencana menyingkirkan beberapa pemain senior, salah satunya Luis Suarez.

Rencana Messi untuk meninggalkan Barcelona dinilai sudah bulat dan sulit untuk diubah. Laporta tidak keberatan Messi pergi dengan status bebas transfer musim depan, tapi tidak saat dia masih memiliki sisa kontrak.

“Saya sudah melihat kontraknya dan di sana tertulis jelas bahwa klausul itu berakhir di bulan Juni (2021) dan situasinya tidak bisa diubah.” ujar Laporta.

“Saya lebih suka dia pergi secara gratis tahun depan daripada di bawah 700 juta pada musim panas ini. Klub yang berkuasa di sini, bukan pemain, sebab klub yang membayar pemain. Ini bukan masalah uang tapi karena dia sudah menandatangani kontrak dan itulah yang terjadi.” sambungnya.

Sementara itu, Laporta juga meminta Barcelona tidak perlu ragu dengan harga klausul rilis yang sudah disepakati. Tidak masalah Messi pergi di musim panas ini, tapi Barcelona tidak harus menjilat ludahnya sendiri dan menurunkan harga jualnya di bawah klausul rilis.

“Saya sangat mencintai Messi, tetapi saya lebih mencintai Barcelona. Mereka harus membayar klausul itu. Ada klausul rilis senilai 700 juta euro yang sudah ditanda tangani dan mereka harus memenuhi hal itu.” terangnya.

“Jika saya jadi presiden Barcelona, saya tidak akan menurunkan harga tersebut sepeser pun. Jika Messi pergi dengan bayaran di bawah klausul rilisnya, maka itu lebih memalukan daripada kekalahan 8-2 (atas Bayern Munchen). Messi juga harus ingat bahwa fans lebih mencintai Barcelona daripada pemain.” cetusnya.