, , , , , , , ,

FIFA Sudah Membuat Keputusan Setelah Maraknya Virus Corona

by

Ulasanbola – Asosiasi Sepak Bola Dunia yang biasa kita sebut FIFA, dilaporkan media sudah diminta untuk mempertimbangkan kemungkinan mengubah jadwal bursa transfer. Hal ini sangat dibutuhkan ternyata untuk membantu sepak bola Eropa yang terdampak karena adanya pandemi virus corona. Dan langkah ini juga dianggap perlu untuk membantu klub dan para pemain yang terdaftar.

Ternyata bukan hanya itu saja, media juga menjelaskan bahwa FIFA sedang mempertimbangkan aturan seputar kontrak dan pendaftaran pemain baru. Jika musim masih berjalan panjang, kontrak baru untuk pemain yang sudah kedaluwarsa bisa menjadi masalah untuk kedua belah pihak.

Pada hari Rabu tanggal (18/3/20) waktu setempat, akhirnya presiden FIFA, Gianni Infantino sudah melakukan diskusi saat pertemuan darurat melalui konferensi video. Sang Presiden ternyata melakukan konferensi bersama FIFA’s Council dalam sebuah ruangan besar. Kemudian pertemuan saat itu membahas bagaimana sikap FIFA dalam membantu liga-liga yang kesulitan karena kasus COVID-19.

Opsi FIFA

FIFA Sudah Membuat Keputusan Setelah Maraknya Virus Corona

Melalui konferensi tersebut, FIFA langsung membuat keputusan bahwa UEFA yang menunda Euro 2020 hingga satu tahun menjadi 2121. Mereka juga menyetujui untuk menunda kompetisi Copa America dan juga Piala Dunia Antarklub tahun ini.

FIFA juga mengajukan beberapa proposal ketika konferensi meski masih harus ditimbang lagi:

#1 Mengharuskan adanya kelompok kerja FIFA-Confederations untuk memonitor situasi yang terus berkembang. Lalu bekerja bersama dan menyepakati pendekatan agar terkoordinasi baik untuk mengatasi konsekuensi pandemi Corona.

#2 Kemudian harus memastikan jika solusi global yang tepat juga harus dicapai untuk setiap level kompetisi yang ada, lalu mempertimbangkan kebutuhan setiap pemangku kepentingan sembari memprioritaskan kesehatan untuk pihak yang terlibat semuanya.

#3 Transfer Pemain: Mereka masih menimbang kebutuhan untuk menunda atau memberi dispensasi sementara pada peraturan FIFA tentang status pemain dan transfer pemain. Hal itu dilakukan untuk melindungi kontrak baik bagi pemain dan klub, serta menyesuaikan periode registrasi pemain baru.

Respon Presiden FIFA

Inti dari keputusan tersebut adalah FIFA akan membantu setiap liga untuk membuat penyesuaian di tengah pandemi virus corona ata COVID-19. Situasi seperti ini masih belum pasti, karena bisa saja liga dihentikan total, atau mungkin ditunda lebih lama karena semuanya tergantung pada pandemi Corona.

“Memang dibutuhkan sebuah penilaian dan keputusan yang luar biasa di tengah situasi dan tidak biasa seperti ini,” ucap Gianni Infantino.

“Krisis seperti ini memang memengaruhi seluruh dunia. Oleh karena itu harus dibutuhkan solusi untuk mempertimbangkan setiap kepentingan dari pemangku kepentingan yang berkepentingan.”

“Dan sekali lagi, kami sudah membuktikan semangat kerja sama, solidaritas, serta adanya persatuan,” tutupnya.