FIM Resmi Menolak Protes Empat Pabrikan Pesaing Ducati

by
FIM Resmi Menolak Protes Empat Pabrikan Pesaing Ducati

Ulasanbola – FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) MotoGP Stewards akhirnya menolak tuntutan protes empat tim pabrikan perihal perangkat aerodinamika yang terdapat pada swing arm motor Desmosedici GP19 milik Ducati.

Perangkat tersebut digunakan oleh dua pembalap Mission Winnow Ducati, yakni Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci. Sementara satu dari pembalap Alma Pramac Racing, Jack Miller juga ikut mengenakan perangkat tersebut pada seri pertama MotoGP 2019.

Ketiganya diketahui mengenakan aerodinamika yang mana dinilai ilegal dan berbuah protes dari keempat pabrikan lainnya, yakni Repsol Honda, Bull KTM Factory Racing, Suzuki Ecstar dan Aprilia Racing.

Di Tolak

Di Tolak
Menurut informasi yang dikutip dari MotoGP.com, pengajuan berupa banding dilakukan keempat tim pabrikan tersebut usai Dovizioso memenangkan balapan GP Qatar. Namun setelah dilakukan investigasi, banding tersebut akhirnya ditolak.

FIM MotoGP Stewards menyatakan bahwa penggunaan perangkat tersebut tidak bersifat ilegal dan masih dalam aturan regulasi yang ditetapkan.

Perangkat aerodinamika berupa wing itu sendiri berfungsi untuk menangkap lebih banyak aliran udara di bawah fairing hingga dialirkan secara optimal ke ban belakang yang bertujuan untuk pendinginan.

Tetapi ada analisa yang menyebutkan bahwa perangkat tersebut juga berguna untuk membantu air scoop yang terdapat di cakram depan. Scoop tersebut biasanya digunakan agar dapat meminimalisasi getaran yang diciptakan velg depan menjadi lebih stabil. Dengan kata lain, perangkat berupa wing itu dapat digunakan secara sepaket dengan air scoop.

Sebenarnya protes yang tidak jauh berbeda juga pernah terjadi pada tahun 2016 lalu. Saat itu, perangkat tersebut dinilai memiliki beberapa faktor yang dapat membahayakan pembalap.