,

Hanya Makoto Hasebe yang Merupakan Pemain Asia di Bundesliga

by
Hanya Makoto Hasebe yang Merupakan Pemain Asia di Bundesliga

Ulasanbola Klub Liga Jerman, Eintracht Frankfurt sempat menang dengan skor 3-0 di kandang rivalnya saat itu, Werder Bremen. Laga yang dimainkan pada pekan ke-29 Bundesliga musim 2019/20, hari Kamis  tangga (4/6/20) belum lama ini. Sosok pemain yang sudah berusia 36 tahun asal Jepang, Makoto Hasebe tersebut tercatat memiliki rekor yang sama di Jerman.

Saat itu, Frankfurt mengunci kemenangan karena gol yang dicetak Andre Silva pada menit 61, dan dua gol dari Stefan Ilsanker sebagai pemain pengganti di menit-menit akhir. Tercatat, jika lini pertahanan mereka dibantu oleh Hasebe bersama rekan-rekannya yang membantu kiper Kevin Trapp tidak jebol dari striker lawan.

Laga pada pekan ke-29 tersebut ternyata merupakan pertandingan ke-308 Hasebe di Bundesliga saat bertemu Werder Bremen. Hasebe bahkan tercatat memiliki pencapaian seperti mantan striker Korea Selatan yang pernah memperkuat Bundesliga untuk klub Darmstadt 98, Frankfurt, serta Bayer Leverkusen, dirinya adalah Cha Bum-kun.

Tercatat Dalam Sejarah


Nama besar Cha Bum-kun ternyata menjadi salah satu pemain legendaris dari Asia yang pernah bermain di Bundesliga juga. Bahkan, dirinya tercatat pernah bermain sebanyak 308 pertandingan di kompetisi tertinggi Jerman musim 1978/79 dan juga 1988/99.

Akan tetapi, dirinya hanya mengoleksi 98 gol dari 308 penampilannya di Liga Jerman. Selain itu, dirinya juga belum pernah merasakan raihan gelar juara di Bundesliga.

Namun, media sempat mencatat jika Cha yang pernah membela Frankfurt pernah meraih juara kompetisi lokal musim 1979-1983. Dirinya juga ikut menjuarai klubnya sebagai UEFA Cup 1979/80 dan juga DFB Pokal musim 1980/81 setelahnya.

Sementara di klub terakhirnya di Bundesliga, saat membela Leverkusen musim 1983-1989, dirinya memilih untuk pensiun di klub terakhir setelah menjuarai piala UEFA Cup musim 1987/88.

Rekor Anyar dari Asia

Perlu diketahui, Hasebe pernah meraih juara kompetisi Bundesliga saat membela Wolfsburg meski hanya sekali saja selama berkarir di Bundesliga. Oleh karena itu, Hasebe juga tercatat sebagai pemain Asia yang pernah bermain di Jerman dengan mengoleksi trofi juara meski tidak banyak.