, , , , , ,

Hindari Bagian Ini Agar Tidak Terjadi Penularan Virus Corona

by
Hindari Bagian Ini Agar Tidak Terjadi Penularan Virus Corona

Ulasanbola – Indonesia sedang berjuang melawan pandemi virus Corona yang dilaksanakan hampir di seluruh wilayah. Negara memang masih berjuang dengan aturan yang diberikan oleh pemerintah. Perlu diketahui, sebenarnya setiap individu juga bisa dan harus membantu untuk menjaga dirinya masing-masing agar tidak tertular dan mencegah penularan lebih luas.

Beberapa negara di dunia bahkan menempuh banyak cara untuk memutus rantai penyebaran virus Corona yang sudah mewabah. Cara-cara yang harus ditempuh yang diaanjurkan dari WHO seperti melakukan karantina wilayah juga memang harus dilakukan. Contoh negara yang mengikuti langkah tersebut seperti di Italia, Cina, Spanyol, dan juga Prancis yang di sana sudah berjatuhan banyak korban.

Namun, ternyata ada juga yang menempuh cara lain selain negara yang disebutkan di atas. Mereka memilih untuk melakukan aturan ahli kesehatan seperti mewajibkan untuk melakukan tes demi mengetahui peta sebaran virus Corona. Sikap seperti itu juga dilakukan sebagai langkah-langkah lanjutan agar menghentikan wabah yang masuk ke negara seperti yang dilakukan oleh Korea Selatan.

Tidak hanya itu saja, masyarakat juga disarankan untuk membatasi aktivitas-aktivitas yang dilakukan di luar rumah. Adanya kebijakan work from home dari pemerintah yang sudah diterapkan di berbagai wilayah, ternyata sudah dilakukan seperti belajar serta melakukan ibadah di rumah saja.

Pihak WHO dan juga pemerintah setiap negara sudah menyampaikan banyak imbauan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Imbauan yang diberikan ternyata juga disampaikan karena banyaknya faktor penyebab masifnya penularan corona atau COVID-19 dari manusia yang sering bahkan tidak sengaja dilakukan.

Hindari Penyebab Tertular Virus Corona

1. Kontak dengan Media yang Sering Tersentuh

Banyak benda yang merupakan salah satu media yang bisa menjadi cara penularan yang masif. Benda tersebut bahkan menjadi banyak digunakan oleh banyak orang.

Jika menurut penelitian dari ahlinya, COVID-19 bisa bertahan hidup hingga tiga hari setelah menempel pada permukaan sebuah benda.

2. Tidak Peduli Kebersihan Tangan

Hindari Bagian Ini Agar Tidak Terjadi Penularan Virus Corona

Cara efektif terjadi penularan virus Corona, ternyata karena tidak menjaga kebersihan tangan dengan baik. Secara medis, akan lebih baik jika tangan pribadi setiap orang harus dibersihkan dengan sabun.

Hal itu harus dilakukan, karena sumber dari berbagai penyakit berawal dari telapak tangan karena sering bersentuhan dengan benda apapun.

3. Tidak Peduli Kebersihan setelah Bepergian

Melakukan aktivitas bisa menjadi hal yang wajar untuk dilakukan oleh manusia apalagi hal yang produktif. Akan tetapi, penularan virus Corona sering terjadi, dilakukan oleh orang yang melakukan aktivitas di tempat-tempat tertentu.

4. Tidak Peduli Etika Batuk & Bersin

Sangat efektif jika cara selanjutnya karena media penularan virus Corona adalah melalui droplets. Droplets sendiri merupakan bagian seperti udara. Dan hal itu dapat terjadi, ketika seseorang meninggalkan cairan ketika bersin, lalu batuk, maupun berbicara tanpa masker dalam jarak dekat.

Hindari Bagian Ini Agar Tidak Terjadi Penularan Virus Corona

5. Sering Berinteraksi dengan Orang Lain

Berkumpul dengan teman dan melakukan aktivitas di tengah kerumunan juga merupakan cara penularan virus Corona atau COVID-19 dengan cepat.

Virus Corona ataupun COVID-19, sejatinya dapat menempel secara tidak kasat mata pada pakaian dan benda yang dibawa oleh orang lain.

6. Tidak Mengisolasi Diri setelah Pulang dari Wilayah Pandemi

Selanjutnya, cara tertularnya virus Corona adalah tidak melakukan tindakan pencegahan. Hal itu dilakukan seperti kembali dari wilayah atau negara pandemi dan tidak mengisolasi diri terlebih dahulu.

Tindakan untuk melakukan pencegahan juga antara lain dengan melakukan isolasi mandiri di rumah. Selain di rumah sendiri, isolasi mandiri juga bisa dilakukan di tempat, yang mana jauh dari jangkauan keramaian masyarakat.

7. Tidak Memahami Tentang Virus Corona

Tidak memahami seputar definisi, bahaya, dan juga penyebaran virus Corona atau COVID-19 menjadi salah satu hal yang harus dihindari. Apabila seseorang bisa mengetahui dan paham tentang informasi seputar virus Corona atau COVID-19, paling tidak seseorang akan melakukan tindakan untuk mengantisipasi demi menangkal virus tersebut.

Perlunya edukasi mengenai virus Corona atau COVID-19 adalah hal yang bijak untuk dilakukan kepada masyarakat. Hal ini berfungsi untuk meminimalisir dan menghentikan penularan virus yang sedang mewabah.