, , , ,

Hingga Saat Ini UEFA Belum Memutuskan Kompetisi Liga Champions, Tetap Lanjut?

by

Ulasanbola – Kompetisi top di benua Eropa banyak yang sudah bersiap untuk melanjutkan musim ini Bundesliga yang sudah aktif sejak (16/05/20) lalu. Memang banyak pertanyaan besar mengenai kompetisi besar seperti Liga Champions dan juga Liga Europa yang ditunda juga.

Bundesliga sendiri sudah menempuh 28 pekan, liga lain semacam Serie ALa Liga, dan Premier League juga ingin tetap dilanjutkan hingga musim ini selesai. Tiga liga top yang disebutkan itu, bisa saja akan kembali bergulir pada bulan Juni 2020 jika situasi semakin membaik.

Akan tetapi, Liga Champions dan Liga Europa tidak bisa semudah itu untuk menentukan langkah bergulirnya laga. UEFA bahkan menegaskan jika prioritas utama mereka adalah menuntaskan kompetisi domestik dahulu, sebelum mengambil langkah melanjutkan kompetisi besar Eropa.

Hasil Pertemuan

Hingga Saat Ini UEFA Belum Memutuskan Kompetisi Liga Champions, Tetap Lanjut?

Sebagai Presiden UEFA, nama Aleksandar Ceferin sempat mengatakan jika dirinya menginkan dua kompetisi Eropa bergengsi bisa dituntaskan pada bulan Agustus nanti. Karena banyak liga-liga domestik lainnya kemungkinan akan mulai musim 2020/21 bulan Desember 2020.

Maka dari itu, pihak UEFA sendiri menginginkan jika pertemuan besar pada 17 Juni 2020 nanti bisa merancang rencana dalam menyelesaikan Liga Champions dan Liga Europa musim ini. Pertemuan seperti itu besar kemungkinan bisa menghentikan kompetisi musim ini sepenuhnya.

Ternyata, beberapa faktor yang bisa mempersulit UEFA terungkap di artikel ini. Awalnya, liga-liga domestik bisa dilanjutkan dalam jadwal yang padat dalam beberapa pekan berjalan. Namun, untuk UCL dan UEL seprtinya baru bisa dilanjutkan jika kompetisi domestik sudah selesai semua.

Skenario terbaiknya, Liga Champions dan Liga Europa akan dilanjutkan lagi pada pertengahan bulan Agustus nanti. Tapi, harus ada beberapa kendala yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Pembatasan Wilayah

Kendala utamanya, kelanjutan Liga Champions dan Liga Europa nantinya bisa menjadi sisi paling menarik dalam kompetisi tersebut: misal untuk laga kandang-tandang. Berbeda jauh dengan liga domestik yang berjalan, untuk kompetisi Eropa mengharuskan semua tim bisa menempuh perjalanan internasional.

Masalah terbesarnya ada di sini. Adanya pandemi virus corona bisa membuat sejumlah negara Eropa memberlakukan pembatasan wilayah untuk didatangi. Beberapa negara sengaja menolak turis yang masuk ataupun pendatang baru.

Jika situasi pandemi sudah mereda, mungkin saja kompetisi bisa dilanjutkan lagi. Jika tidak, UEFA mungkin harus mengambil beberapa langkah ekstrem dengan membatalkan musim sepenuhnya.