Jadwal MotoGP Semakin Padat Dengan Dua Kali Balap Seminggu

by
Jadwal MotoGP Semakin Padat Dengan Dua Kali Balap Seminggu

Ulasanbola – Seorang Presiden FIM yaitu Jorge Viegas baru mengakui jika MotoGP Austin, di Texas, Amerika Serikat tanggal 3-5 April bakal sulit dilaksanakan. Hal itu terjadi karena menyusul pemerintah lokal yang mencanangkan status waspada dan pemerintah Italia juga sempat mengkarantina seluruh penduduknya hingga 3 April 2020.

Kemudian, karena terus merebaknya wabah virus corona di berbagai negara di dunia, terutama Italia, lalu aksi kelas MotoGP di Qatar harus batal. Kemudian pemerintahan Thailand ternyata juga melarang adanya pertemuan publik yang ada di kerumunan besar, termasuk MotoGP yang ditunda hingga bulan Oktober.

Saat ini giliran MotoGP Austin yang ternyata terancam batal atau ditunda hingga kasus virus corona mereda. Lagipula Circuit of The Americas sempat diharapkan bisa menjadi seri pembuka pada musim ini. Viegas juga menyatakan bahwa FIM dan Dorna Sports sudah menentukan tanggal pengganti untuk Seri Austin nanti.

MotoGP Austin Mulai Diragukan

Jadwal MotoGP Semakin Padat Dengan Dua Kali Balap Seminggu

“Kesempatan Grand Prix Amerika Serikat yang digelar tanggal 5 April memang sangat kecil. Dan bagaimanapun juga, kami tetap bekerja mencari jadwal alternatif untuk Austin nanti. Dan saat ini, situasi sering berubah begitu cepat dan tidak bisa berkata sejauh itu,” ucap Viegas.

Lalu Dorna yang merupakan promotor MotoGP memiliki kewajiban pada FIM untuk wajib menggelar 13 balapan setiap musimnya, sayangnya mereka bertekad bakal menggelar sisa 19 balapan. Bahkan seorang CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta menyatakan bahwa pihaknya bersedia menggelar kompetisi hingga bulan Desember.

Viegas ternyata juga satu suara dengan Ezpeleta yang bahkan menyebut FIM dan Dorna tidak menutup kemungkinan bakal menggelar dua balapan sekaligus setiap pekannya jika memang sangat dibutuhkan. Pada dasarnya, kedua badan tertinggi MotoGP ini harus tetap terbuka agar adil bagi semua pihak.

Padatnya Jadwal

“Saya sendiri meyakini jika MotoGP bakal digelar lebih dari 13 seri setiap musim. Jika memang harus ada balapan pada bulan Januari, kami pasti melakukan itu. Kami bakal menggelar dua balapan pada akhir pekan, atau balapan di sirkuit tanpa penonton satupun. Tim kami harus menjadi fleksibel dan punya bayangan akan hal itu,” jelas Viegas.

Kemudian Viegas sempat tak menutup kemungkinan bahwa MotoGP sering digelar di dua sirkuit di Portugal. Walupun untuk saat ini sudah berstatus sebagai sirkuit cadangan, yaitu Portimao dan sirkuit Estoril. Portimao sendiri sedang aktif dan masih menjadi tuan rumah untuk WorldSBK.

Padahal untuk Estoril sendiri diketahui bakal balik ke MotoGP karena terakhir kali menjadi tuan rumah pada tahun 2012. “Portimao ternyata sebuah sirkuit cadangan seperti Estoril. Kemudian, di Portugal juga belum ada restriksi apa pun hingga saat ini,” tutup Viegas.