Jerman Masih Terpuruk, Taktik Guardiola Dituding Sebagai Penyebabnya

by

Ulasanbola – Buruknya permainan timnas Jerman di Piala Dunia 2018 lalu ternyata masih terus berkelanjutan setelah skuat asuhan Joachim Low dinyatakan gugur dari UEFA Nations League 2018/19. Menurut mantan bek tim nasional Jerman, Hans-Peter Briegel skema permainan yang diterapkan Pep Guardiola di Bayern Munchen telah mempengaruhi filosofi permainan Der Panzer.

Seperti yang diketahui, Guardiola sempat menangani Munchen sebelum berlabuh ke Manchester City. Selama di Munchen, Guardiola berhasil memenangkan trofi Bundesliga tiga musim beruntun. Tetapi selama itu juga FC Hollywood bermain dengan skema ciri khas pelatih asal Spanyol tersebut.

Hal inilah yang membuat Briegel yakin bahwa para pemain timnas Jerman yang sebagian besar memperkuat Munchen telah melupakan prinsip permainan mereka sebenarnya. Sebab itu dirinya menyebut skema permainan Guardiola lah yang menyebabkan buruknya permainan Der Panzer hingga saat ini.

Kehilangan Prinsip

Kehilangan Prinsip
“Sebuah prinsip sederhana telah hilang dari benak kami bahwa dalam sepak bola, hasil lebih penting daripada kontrol permainan.” ucap Briegel.

“Sejak Guardiola datang ke Bayern Munchen, semua telah berubah. Kami memiliki ilusi bahwa penguasaan bola 75 persen dibutuhkan untuk menang, tetapi kontrol bola belum cukup untuk mendapatkan hasil yang baik.” tambahnya.

Briegel sendiri menilai penguasaan bola di dalam pertandingan tidak begitu diperlukan untuk mendapatkan gelar ataupun trofi. Melihat kesuksesan yang diraih timnas Prancis saat di Piala Dunia 2018 lalu, Briegel menegaskan penguasaan bola tidak selalu menentukan hasil yang positif di sebuah pertandingan.

“Sejarah terakhir dan juga dengan juara dunianya Prancis sudah membuktikan bahwa Anda juga dapat menang dengan membiarkan bola di kuasai oleh lawan dan hanya menguasai bola di bawah 50 persen.” pungkas pria berusia 63 tahun tersebut.