Karena Panik, Pique Melakukan Handball

by
Karena Panik, Pique Melakukan Handball

Ulasanbola – Bek Spanyol, Gerrard Pique menjadi penyebab gol penalti untuk Rusia yang berhasil dieksekusi Artem Dzyuba untuk menghentikan keunggulan Spanyol. Menurut legenda Inggris Rio Ferdinand dan Alan Shearer, pemain Barcelona tersebut melakukan handball karena disebabkan panik.

Insiden tersebut terjadi menjelang sebelum berakhirnya babak pertama, di mana Spanyol sedang memimpin pertandingan berkat gol bunuh diri Sergei Ignashevic di menit ke 12. Pertandingan yang terus berlanjut dengan skor 1-1 berakhir dengan adu panalti.

Kesialan untuk skuat asuhan Fernando Hierro itu pun terjadi ketika penalti dari Koke dan Iago Aspas dimentahkan oleh sang kapten Rusia, Igor Akinfeev. Rusia sukses keluar sebagai pemenang dan lolos ke perempat final, sementara Spanyol harus bernasib sama dengan Portugal dan Argentina yang pulang lebih dulu.

Berada di Posisi yang Salah

Berada di Posisi yang Salah

Tersingkirnya Spanyol dari Piala Dunia 2018 membuat publik mengarahkan perhatiannya ke insiden handball yang dilakukan Pique, yang dituding menjadi biang kegagalan Spanyol mendapatkan kemenangan. Menurut Ferdinand, Pique saat itu seperti panik karena dalam posisi yang salah.

“Itu panik, saat Anda tahu sedang berada di posisi yang salah, Anda akan mengangkat tangan Anda dalam keadaan panik dan itu keputusan yang tepat.” ungkap Ferdinand.

“Dari 35 menit selanjutnya (Rusia) mulai bermain dengan keyakinan lebih baik dan niat yang kuat, dari situlah semuanya berasal.” lanjutnya.

Pique Sadar Atas Perbuatannya

Pique Sadar Atas Perbuatannya

Hal yang sama juga dikatakan oleh mantan punggawa The Three Lions lainnya, Alan Shearer yang juga bekerja di salah satu media televisi. Dia mengatakan bahwa Pique sebenarnya sadar dengan apa yang dia lakukan.

“Dia (Pique) tahu dengan apa yang dilakukannya. Ketika dia kehilangan bola di udara, dia masih berusaha menghentikannya dan mengangkat tangannya.” ujar Shearer.

“Dia tahu bola melewati kepalanya dan melakukan itu dalam kondisi yang panik. Dzyuba mencetak gol dengan tenang dan sangat baik.” pungkasnya.

Di babak perempat final, Rusia akan bertemu tim kuda hitam lainnya, Kroasia yang sedang berada di penampilan maksimalnya setelah berhasil mengalahkan Denmark dengan drama adu penalti juga.