Kini Giliran Aprilia Angkat Bicara Terkait Kasus Doping, Pebalap Bradley Smith Akhirnya Gantikan Andrea Iannone

by
Kini Giliran Aprilia Angkat Bicara Terkait Kasus Doping, Pebalap Bradley Smith Akhirnya Gantikan Andrea Iannone

Ulasanbola Seorang CEO Aprilia Racing, yaitu Massimo Rivola belum lama ini menyatakan jika test rider mereka nanti adalah Bradley Smith. Dirinya dipastikan bakal membela Aprilia Racing Team Gresini untuk MotoGP 2020, karena absennya Andrea Iannone. Sang pebalap tersebut harus menyelesaikan kasus dopingnya di pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) dan masih dilarang ikut kompetisi.

Iannone memang sedang bergelut dengan Agen Anti-Doping Dunia, karena sebelumnya dirinya mendapat larangan untuk ikut berkompetisi selama 18 bulan. Hal itu diungkapkan oleh Pengadilan Disiplin dari Federasi Balap Motor Internasional akibat sampel urinnya di Malaysia, November 2019 lalu. Diketahui, dirinya harus dites urin dan terbukti mengandung drostanolone.

Iannone dan seorang agennya harus melanjutkan kasus ini ke pihak CAS. Hal seperti itu, Iannone lakukan untuk meminta hukumannya ditangguhkan, sementara agennya sempat menuntut agar hukumannya diperpanjang menjadi larangan berkompetisi selama empat tahun. Dan pada saat ini, masih belum diketahui kapan CAS bakal memulai pagelaran sidang yang diinginkan.

Bradley Smith Masuk Pilihan Utama Aprilia

Kini Giliran Aprilia Angkat Bicara Terkait Kasus Doping, Pebalap Bradley Smith Akhirnya Gantikan Andrea Iannone

Aprilia sendiri diketahui, mereka harus mencari pengganti sementara untuk Iannone. Untuk ajang MotoGP 2020 tahun ini akan dimulai di Jerez, Spanyol, tanggal 17-19 Juli. Menjadi sebuah pilihan yang sangat masuk akal, akhirnya oihak brand menunjuk nama Smith. Bradley Smith sendiri, akan ikut berkompetisi bersama WithU Motorsport di MotoE, yang mana digelar pada pekan balap yang sama dengan MotoGP setiap serinya.

“Sebagai seorang manajer Bradley, dirinya memberikan informasi kepada timnya di MotoE. Dirinya dipastikan menggantikan Andrea hingga mendapat pemberitahuan selanjutnya. Bradley sendiri merupakan seorang test rider dan juga pebalap cadangan milik kami. Alasan seperti itulah yang membuat dirinya bisa menjelaskan agar musim ini dimulai,” jelas Rivola melalui media, hari Jumat (19/6/20) lalu.

“Membuatnya menjadi seorang pebalap reguler kami, sementara ini adalah keputusan yang tepat. Bradley dipercaya untuk melakukan balapan hingga Andrea kembali. Musim panas nanti, kami bakal mencoba mencari tahu apakah Andrea bisa kembali ke lintasan tahun ini atau tidak,” tambah mantan bos Scuderia Ferrari dan Scuderia Toro Rossi di Formula 1.

Keputusan Akhir Aprilia

Kemudian, bagaimana nasib jika Iannone harus digantikan karena tidak bisa membela Aprilia hingga tahun 2021 nanti? Aprilia rupanya memiliki banyak pilihan, seperti nama Miguel Oliveira, Francesco Bagnaia, Takaaki Nakagami, Cal Crutchlow, serta Johann Zarco. Kontrak mereka masing-masing di timnya ternyata akan habis di akhir musim nanti.

“Bila sosok Andrea tidak bisa ikut balapan pada tahun 2021, opsi menarik lainnya di ‘pasar pebalap’ masih ada. Para rider yang disebutkan masih tersedia, kami juga akan senang jika menggaet salah satu dari mereka. Kami masih harus mempertimbangkan rider berpengalaman, karena semua motor kami masih baru dan masih dalam pengembangan. Seorang rider veteran pasti sangat menguntungkan,” tutup Rivola di depan media yang meliput.