Klopp Berharap Manusia Kembali Mengutamakan Berbicara, Tidak Hanya Bertukar Pesan

by

Ulasanbola – Jurgen Klopp angkat bicara mengenai prilaku manusia yang menurutnya mengalami penurunan kualitas. Dia menilai kemajuan teknologi semakin menggerogoti jiwa kemanusiaan setiap orang dan berharap suatu hari manusia dapat kembali seperti dulu, tidak hanya hidup dalam dunia maya seperti saat ini.

Pendapat Klopp berawal dari kritikan anak asuhnya, Loris Karius yang kerap menjadi sasaran kritik para pengguna media sosial. Kiper Liverpool tersebut selalu mendapat kritikan dan cibiran setiap kali melakukan kesalahan.

Bagi Klopp, kritik yang baik adalah disampaikan secara langsung kepada yang bersangkutan, sehingga hal itu akan lebih membuat orang tersebut menerimanya dan lebih berkembang, khususnya jika kritikan tersebut bersifat konstruktif.

Harapan Klopp

Harapan Klopp

Lebih lanjut, pelatih Liverpool tersebut mengatakan bahwa mereka yang hanya bisa berkomentar di media sosial merupakan jenis manusia yang egois dan tidak akan memperdulikan orang lain selain diri sendiri.

Klopp juga menegaskan mereka yang hanya berani berbicara melalui media sosial, seperti merasa dalam kebenaran dan mempunyai kekuatan lebih. Baginya itu hanyalah kekuatan semu, dan berharap manusia bisa terbebas kebiasaan dari buruk itu.

“Mereka merasa mempunyai banyak kekuatan pada momen itu dan menggunakannya, namun kekuatan berhubungan dengan dua hal: ketika  seseorang mempunyai kekuatan, maka akan ada orang lain yang berharap hal buruk menimpahnya.” ucap Klopp.

“Dan saya benar-benar menegaskan bahwa hal baik dalam hidup adalah jika seseoarang tidak terlalu tenggelam dengan hal-hal itu.”

“Saya tidak mengetahui kapan hal itu akan terjadi, tapi saya berharap suatu hari nanti kita bisa kembali prioritaskan berbicara dan tidak hanya bertukar pesan satu sama lain.” pungkasnya.