Kunci Kesuksesan Liverpool Berawal dari Kepergian Philippe Coutinho

by

Ulasanbola – Peter Moore yang merupakan CEO Liverpool mengakui bahwa kepergian Philippe Coutinho membawa dampak positif bagi klub. Banyak perubahan dari klub termasuk cara bermainnya, namun tetapi hasilnya justru semakin positif bagi klub yang berada di Merseyside ini.

Philippe Coutinho yang berasal dari Brasil itu bergabung dengan Liverpool pada Januari 2013 saat masih diasuh Brendan Rodgers. The Reds kala itu harus menggelontorkan dana 10 juta euro saja dari Inter Milan demi mendapatkan jasa sang pemain. Sejak pemain itu bergabung, dirinya kemudian menjadi kunci utama bagi gaya bermain untuk Liverpool.

Coutinho memang sempat merupakan penggerak lini serang Liverpool yang dipercaya selama beberapa musim Premier League. Saat awal musim 2017/18 di bawah komando Jurgen Klopp, dirinya mendapat tawaran untuk bergabung dengan Barcelona.

Coutinho tidak tinggal diam karena sempat ditahan oleh beberapa pihak di klub termasuk pelatihnya. Karena terus mendesak, akhirnya Liverpool melepasnya ke Barcelona pada Januari 2018 dan klub mendapatkan 120 juta euro dari hasil penjualan Coutinho.

Masa Depan Liverpool Semakin Cerah Tanpa Coutinho

Kunci Kesuksesan Liverpool Berawal dari Kepergian Philippe Coutinho

Philippe Coutinho yang memilih pergi meninggalkan celah yang besar di lini depan Liverpool diakui oleh Peter Moore selaku CEO. Namun karena waktu berjalan, Peter Moore saat ini justru melihat dampak positif dari hengkangnya Coutinho ke klub lain.

“Saat Coutinho pergi banyak perubahan di dalam tim ini, tidak hanya masalah stuktur tim tetapi juga cara kami memainkan sepak bola yang baik,” buka Peter Moore depan media.

“Jika diingat kembali, saat Coutinho pergi dua tahun yang lalu, ada perubahan yang signifikan dari cara kami bermain. Memang kami hampir tidak pernah kalah pada musim ini berkat sang pelatih,” ucap Peter Moore.

Liverpool memang melaju sangat mulus dalam dua musim terakhir di Premier League. Sejak musim 2018/19 lalu, The Reds sukses meraih gelar juara di Liga Champions yang ke-6. Dan musim ini, Liverpool menatap gelar juara Premier League lagi serta memiliki peluang tak terkalahkan selama satu musim saat bertanding.

Hal Positif dari Penjualan Coutinho

Liverpool mengantongi jumlah uang yang tidak sedikit dari hasil penjualan Philippe Coutinho saat itu. Lalu Peter Moore mengatakan, Liverpool menggunakan dana penjualan Coutinho untuk membeli pemain bintang pilihan Jurgen Klopp.

“Dengan rendah hati dan tanpa mengurangi rasa hormat kepada Coutinho, dirinya memiliki gaya bermain yang berbeda. Uang yang kami dapatkan dari Barcelona setelah penjualan Coutinho sangat membantu kami memboyong Alisson Becker,” jelas Peter More.

Ketika Coutinho masih sering dimainkan oleh tim The Reds, Liverpool memang memiliki lini depan yang ditakuti tim lain. Kemudian Jurgen Klopp mengarahkan kombinasi tajam di lini depan saat ini pada trio Sadio Mane, Mohamed Salah, dan juga Roberto Firmino menjadi kompak dan sangat tajam.