Liga Spanyol Akan Dilanjutkan Lagi Selama 39 Hari Saja

by
Liga Spanyol Akan Dilanjutkan Lagi Selama 39 Hari Saja

Ulasanbola Liga Spanyol atau yang biasa orang Indonesia tahu adalah La Liga sudah dipastikan akan dilanjutkan kembali karena musim ini belum sepenuhnya selesai. Sisa 11 pekan yang harus dimainkan lagi agar semuanya tuntas, meski tercatat ada 110 laga dalam waktu 39 hari.

Liga Spanyol ini sama seperti kompetisi lain di dunia, pentas olahraga yang harus ditunda terlebih dahulu untuk menghindari korban berjatuhan karena virus Corona. Laga sepak bola Spanyol ini harus dihentikan pada awal Maret 2020, dan ternyata sudah masuk pekan ke-27.

Sekitar dua bulan menunggu bergulir kembali, pihak La Liga kemudian memberikan kejelasan jika nasib musim 2019/20 harus diselesaikan. Presiden La Liga, Javier Tebas pada pekan lalu memberikan instruksi perihal akan dilanjutkan kembali musim 2019/20 ini setelah mendapat izin pemerintah negara.

La Liga sudah dipastikan akan bergulir kembali pada pekan depan dan banyak klub yang sudah melakukan latihan sesuai aturan yang berlaku. Hari Jumat (12/6/2019) dini hari nanti, bakal digelar laga Sevilla vs Real Betis dan dimainkan di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan sebagai tuan rumah.

Keputusan Semua Pihak

Menurut laporan media, tertulis jika langkah yang diambil La Liga sebenarnya sangat gila karena pandemi belum selesai. Beberapa alasan diberikan oleh Jonas Perez dan hal itu menjadi salah satu padatnya jadwal dalam periode yang begitu singkat.

“Masih ada total 110 pertandingan yang harus dimainkan dalam 39 hari. Nantinya, laga bakal dimainkan di tengah panas terik musim panas Spanyol tahun ini. Suhu pada siang hari bisa mencapai 30 derajat celcius untuk beberapa daerah,” ungkap Jonas Perez.

Dimulainya pertandingan nanti bisa saja akan digelar lebih malam untuk menghindari terik matahari. Akan tetapi, masalah tidak selesai di situ saja. Banyak klub harus selalu bersiap karena padatnya jadwal. Ada dua kali pertemuan dalam sepekan dan itu bisa menjadi sebuah masalah karena menyangkut stamina.

“Tidak semua klub akan terbiasa dengan ritme seperti ini. Ada satu perubahan yang sangat  bermanfaat yaitu ada pergantian lima pemain dalam satu laga. Namun untuk pemain kunci, mereka bisa bermain selama 990 menit di bawah terik panas dalam satu setengah bulan,” jelasnya.