Lorenzo Senang Marquez Tidak Halangi Kepindahannya ke Honda

by
Lorenzo Senang Marquez Tidak Halangi Kepindahannya ke Honda

Ulasanbola – Perjuangan Jorge Lorenzo bersama dengan Ducati Corse akan segera berakhir pada akhir musim nanti. Pembalap asal Spanyol itu akan memulai perjalanan barunya bersama Repsol Honda di MotoGP 2019 mendatang. Untuk itu, X-Fuera merasa senang karena kepindahannya ke tim pabrikan Jepang itu tidak menemui masalah yang berarti.

Pada musim MotoGP 2017 lalu, Lorenzo tampil sangat mengecewakan di tahun pertamanya mengendarai motor Ducati. Hingga di akhir musim, X-Fuera tidak sekalipun mencatatkan satu kemenangan. Raihan terbaiknya hanya tiga podium dari 15 balapan yang diselesaikannya, alhasil dirinya hanya menempati peringkat ke 7 klasemen di akhir musim lalu.

Di luar ekspektasi, Ducati pun berpikir dua kali untuk memperpanjang kontrak pembalap nomor 99 tersebut. Tetapi akhirnya Honda berani memutuskan untuk merekrut X-Fuera dan masih percaya atas potensi yang dimilikinya. Seperti yang diketahui, Honda mengikat Lorenzo dengan kontrak berdurasi dua tahun hingga tahun 2020 mendatang.

Namun sayangnya, gaji X-Fuera harus terpangkas hampir setengah dari gaji yang dia dapatkan di Ducati. X-Fuera yang sebelumnya menjadi pembalap dengan gaji termahal, yakni 12,5 juta euro per tahun (Rp218 miliar) hanya akan memperoleh sekitar 8 juta euro per tahun (Rp140 miliar). Gaji tersebut tentu saja berada di bawah Marquez yang saat ini dengan gaji sekitar 12 juta euro per tahun (Rp209 miliar).

Berhutang kepada Marquez

Berhutang kepada Marquez

Lebih lanjut, Lorenzo mengakui bahwa keputusan Marquez yang membiarkan Honda merekrutnya telah membuat dirinya merasa berhutang. Sebab, seharusnya seorang pembalap akan mengantispasi pesaingnya untuk menggunakan senjata yang sama agar tidak membahayakan dirinya. Sebab itu, Lorenzo menilai Marquez adalah pembalap yang percaya diri dan memiliki mentalitas yang kuat.

“Bagi saya, keputusannya (membiarkan Lorenzo bergabung ke Honda) itu menunjukkan bahwa Marc sangat percaya kepada kemampuannya sendiri. Dan dia tidak ingin menunjukkan kelemahan apapun.” ucap Lorenzo.

“Saya benar-benar berhutang kepadanya karena telah mengizinkan saya bergabung dengan Honda, dan saya juga sangat bersyukur karena saat ini saya menghadapi situasi yang sulit (karena cedera).” seru pembalap berusia 31 tahun tersebut.