Low: Ter Stegen Kiper Top Dunia, Tapi Kiper Timnas Jerman Tetap Neuer

by

Ulasanbola – Pelatih timnas Jerman, Joachim Low sepertinya masih menaruh kepercayaan penuh kepada Manuel Neuer. Low belum berencana untuk menggeser posisi Neuer dari kiper utama The Manncschaft digelaran kualifikasi Euro Cup 2020.

Neuer mencuri perhatian pertama kali saat berhasil mengantarkan Jerman ke semi-final Piala Dunia 2010. Dirinya tampil mengesankan dengan hanya kebobolan satu gol di fase grup, yakni saat Jerman kalah 0-1 lawan Serbia.

Tidak hanya sampai di situ, Neuer juga berhasil mengantarkan Jerman melaju ke semi-final. Jerman menjadi salah satu tim yang paling sulit dibobol, yang mana saat melawan Inggris menang dengan skor 4-1, Argentina 4-0 hingga akhirnya tersingkir melawan Spanyol 0-1.

Meski demikian, Jerman berhasil keluar sebagai juara ketiga dengan menundukkan Uruguay. Setahun setelah gelaran Piala Dunia 2010, Neuer diboyong Bayern Munchen dari Schalke 04 dan menjadi kiper utama hingga saat ini.

Kiper Nomor Satu

Kiper Nomor Satu
Marc-Andre Ter Stegen yang juga dipanggil untuk memperkuat Jerman sepertinya harus lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan. Meski tampil impresif bersama Barcelona, tetapi pengalaman dan juga mental belum bisa dibandingkan dengan Neuer. Hal itulah yang menjadi pertimbangan Low untuk kembali mempercayakan sang kapten.

“Keputusan saya tidak akan berubah, Neuer adalah kiper pilihan pertama saya. Saya sudah menyampaikan ini saat bulan November dan saya akan mengulanginya lagi. Dia adalah pemain nomor satu dan dia juga kapten kami.” tutur Low.

“Ter Stegen bermain untuk klub yang hebat, kelas dunia dan saya akan memberinya peluang untuk bermain. Tentu akan ada persaingan di semua posisi, tetapi di posisi penjaga gawang, saya harus mengatakan bahwa Neuer tetap menjadi kiper utama kami.” terang Low.