Luka Modric Resmi Menangkan Trofi Ballon d’Or 2018

by

Ulasanbola – Gelandang Real Madrid sekaligus kapten timnas Kroasia, Luka Modric akhirnya secara resmi dinobatkan sebagai pesepak bola terbaik dunia dan dianugerahkan trofi Ballon d’Or.

Pada acara yang berlangsung di Grand Palais, Prancis hari Selasa (4/12) dini hari WIB, Modric berhasil memenangkan trofi tersebut setelah mengalahkan nama Cristiano Ronaldo di posisi runner-up dan Antoine Griezmann di posisi ketiga.

Kemenangan Modric sekaligus juga mengakhiri dominasi Ronaldo dan Lionel Messi selama satu dekade terakhir. Messi sendiri namanya gagal menembus tiga besar dan hanya menempati posisi kelima. Setelah 11 tahun ini pertama kalinya nama Messi tidak memasuki tiga nama terkuat peraih Ballon d’Or, sejak terkahir kali pada tahun 2006 lalu namanya tidak masuk ke tiga besar.

Empat Gelar Terbaik

Empat Gelar Terbaik
Modric memang berada di puncak karirnya di tahun ini. Sebelumnya pemain yang telah mengantarkan timnas Kroasia maju ke babak final itu sudah menyabet tiga gelar pemain terbaik lainnya.

Penghargaan Ballon d’Or ini adalah puncak dari apresiasi yang diberikan kepada Modric, yang mana sebelumnya dirinya telah menyandang gelar pemain terbaik Piala Dunia 2018, pemain terbaik Eropa 2018 dan pemain terbaik pria versi FIFA 2018. Selain itu namanya juga masuk dalam tim terbaik Eropa musim 2017/18, tim terbaik Piala Dunia 2018, tim terbaik FIFA 2018 dan menjadi gelandang terbaik Eropa musim 2017/18.

Semua pencapaian tersebut menjadikan Modric yang pertama memperoleh empat gelar individu paling bergengsi dalam satu musim. Meski gagal membawa Kroasia memenangkan Piala Dunia 2018, tetapi dirinya memang layak menyandang gelar-gelar tersebut mengingat kontribusinya yang begitu besar kepada tim nasional dan juga klub.