Memberikan Kritik Pedas, Barcelona Menganggap Real Madrid Sering Dibantu Wasit dengan VAR

by

Ulasanbola Klub Catalan, Barcelona diketahui sedang menuntukan sikap dengan memberikan serangan kepada kepada rival beratnya di Spanyol, Real Madrid. Sebagai juara bertahan La Liga, manajemen klub bahkan merespon pihak yang mengatakan jika Los Merengues selalu dibantu teknologi VAR saat sedang dijadwalkan bermain.

Tudingan seperti itu sering muncul saat Real Madrid bertemu Athletic Bilbao pada Liga Spanyol pekan ke-34. Laga tersebut sempat digelar pada hari Senin (6/7/20) kemarin dengan skor akhir 0-1 dengan kemenangan Real Madrid pasukan Zinedine Zidane.

Real Madrid memang hanya mencetak gol melalui kaptennya, Sergio Ramos melalui titik putih pada menit ke-73 meski banyak pihak menganggapnya tidak sah. Memang pertandingan itu, tim tuan rumah Athletic Bilbao mampu berkompeten saat menghadapi Madrid.

Pelanggaran pemain Bilbao, Dani Garcia yang menginjak kaki Sergio Ramos berada di kotak terlarang, lalu wasit menganggapnya sebuah pelanggaran. Teknologi VAR juga dianggap berpihak kepada Real Madrid karena wasit sempat tidak menghiraukan kejadian saat Sergio Ramos jatuh terinjak kakinya.

Sindiran Seorang Presiden

Memberikan Kritik Pedas, Barcelona Menganggap Real Madrid Sering Dibantu Wasit dengan VAR

Sebagai seorang Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu juga bersuara mengenai kejadian tersebut. Dirinya bahkan menyindir serta mengatakan jika VAR yang membantu wasit ternyata sangat menguntungkan tim tamu, Real Madrid.

“Bisa saja, VAR bisa bekerja sebaik yang diinginkan banyak orang. Setelah lockdown terjadi, banyak laga yang belum ditentukan hasilnya dan juga ada tim yang sama selalu diuntungkan. Banyak tim yang tidak beruntung karena itu,” ucap Bartomeu.

Sebagai juru bicaranya, Josep Vives juga menambahkan tudingan miring tersebut. Dengan mengatakan, bahwa memang ada satu tim di musim ini yang mendapatkan keuntungan dari VAR dan wasit di Liga Spanyol.

“Tidak mungkin ada yang meragukan peran kepemimpinan Barcelona, terutama kaitannya dalam penerapan VAR di La Liga. Akan tetapi, di sini masih belum ada keadilan, satu tim selalu diuntungkan,” jelas Vives saat dikutip media.

VAR Harus Dilindungi

Vives kemudian menambahkan, Barcelona sendiri tidak meragukan fungsi dari teknologi seperti VAR. Namun, dirinya merasa jika teknologi belum diterapkan dengan sempurna, terutama bisa membuat pertandingan menjadi lebih adil di Spanyol.

“Kami tidak ada yang meragukan teknologi VAR. Namun, itu absurd dan kami tetap melindungi VAR, yang harus menerapkan beberapa peraturan untuk selalu dibenahi,” tambahnya.

“Presiden juga beropini mengenai ini dan memberikan konfirmasi beberapa fakta. Sepertinya, beberap kali, ada sedikit persamaan dalam hal membuat keputusan,” pungkas Vives.

Barcelona dan Real Madrid memang sedang berusaha untuk berkompetisi di La Liga musim, meski sempat terjadi Lockdown di awal tahun. Barcelona sedang berupaya mengejar Real Madrid di klasemen atas, namun mereka duduk di peringkat kedua dengan selisih empat poin.