Mengalami Kekalahan, Pochettino Minta Media Tetap Respek

by
Mengalami Kekalahan, Pochettino Minta Media Tetap Respek

Ulasanbola – Pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino memberikan respon tegas untuk pihak media yang sesaat mempertanyakan keputusannya setelah mengalami kekalahan di laga awal Grup B Liga Champions 2018/19 yang berlangsung di Giuseppe Meazza melawan Inter Milan.

Saat timnya telah berjuang habis-habisan di lapangan, pihak media justru mempertanyakan kenapa Pochettino tidak memainkan Toby Alderweireld dan Kieran Trippier. Pelatih berusia 46 tahun itu pun merasa pertanyaan tersebut seperti tidak menganggap dan menghargai kerja keras pemain pendukung (pelapis) yang sudah tampil.

Tottenham sebenarnya sempat unggul lebih dulu melalui Christian Eriksen di menit ke 53. Namun besarnya motivasi Inter membuat mereka lebih bermain menekan setelah mengalami kebobolan. Inter berhasil membalikkan keadaan melalui Mauro Icardi di menit 85 dan Matias Vecino di menit 92.

Tidak Menghargai Pemain

Tidak Menghargai Pemain

Pochettino memiliki alasan kuat kenapa dirinya tidak menurunkan Alderweireld dan Trippier. Dia ingin merotasi skuat dan tetap menjaga kebugaran pemain-pemainnya di kesempatan berikutnya.

Pochettino cukup emosional ketika media mempertanyakan keputusannya yang dinilai membuat Tottenham kehilangan beberapa kekuatannya di lini tertentu. “Kenapa tidak bisa menghargai pemain yang tidak di lapangan?” tegas Pochettino.

“Anda bisa menyalahkan saya dan berkata ‘pelatih, Anda terlalu ceroboh dalam menentukan 11 pemain utama’. Tetapi tolong jangan bersikap tidak hormat kepada pemain yang tidak bermain (minim waktu bermain), karena itu semua adalah keputusan saya.”

“Kami memiliki 25 pemain dan Anda percaya itu. Tetapi terkadang Anda bertanya kenapa saya hanya seperti memainkan 11 pemain (yang sama) dan mungkin 13 atau 14 pemain lainnya adalah sampah, pemain yang buruk, saya tidak mengerti.” tambahnya.

Terlalu Meremehkan

Terlalu Meremehkan

Pochettino juga meminta pihak media untuk lebih menunjukkan sikap respeknya kepada dirinya yang sebagai pelatih. Pelatih asal Argentina itu merasa kecewa media terlalu menganggap remeh para pemainnya dan keputusan yang dibuatnya.

“Maaf, tapi saya sungguh kecewa karena saya adalah orang yang sangat menghormati Anda (media) dan para pemain. Ketika saya memilih untuk memainkan 11 pemain tertentu, Anda harus menghormatinya karena saya adalah pelatih.” ucap Pochettino.

“Anda tidak boleh bersikap tidak hormat. Anda terlalu banyak menunjukkan sikap yang meremehkan terhadap pemain yang telah tampil di posisinya.” tutup Pochettino.