Mengenai Insiden Sterling, Guardiola: Itu Harusnya Bukan Penalti!

by
Mengenai Insiden Sterling, Guardiola: Itu Harusnya Bukan Penalti!

Ulasanbola – Pelatih Manchester City, Pep Guardiola angkat bicara mengenai jatuhnya Raheem Sterling yang berujung pada tendangan penalti saat melawan Shakhtar Donetsk di laga lanjutan Liga Champions 2018/19 yang berlangsung di Etihad Stadium.

City berhasil meraih kemenangan besar (6-0) di hadapan para fansnya. Gabriel Jesus menjadi bintang utama dengan mencetak hattrick, yang mana dua di antaranya melalui tendangan titik putih. Sementara tiga gol lainnya dicetak oleh, David Silva, Riyad Mahrez dan Sterling.

Namun, ada satu momen yang menuai kontroversi sebelum The Citizens memperoleh gol keduanya. Bukan mengenai Jesus yang mengambil alih eksekusi penalti atau teknik tendangan penaltinya, melainkan aksi terjatuhnya Sterling di kotak penalti lawan.

Kesalahan Sendiri

Kesalahan Sendiri
Insiden tersebut sebenarnya cukup terlihat jelas bahwa Sterling melakukan kesalahan saat hendak menendang bola. Pemain timnas Inggris tersebut tersungkur sesaat ujung kakinya tersandung permukaan lapangan. Sterling sendiri telah menyampaikan permintaan maaf dan mengakui bahwa insiden tersebut terjadi karena kesalahannya sendiri. Guardiola yang melihat hal tersebut juga menyayangkannya, sebab dirinya tidak suka jika timnya mencetak gol dengan cara seperti itu.

“Kami menyadari jika itu bukanlah penalti. Dia (Sterling) bisa saja melakukannya (memberitahu wasit yang sebenarnya). Tetapi saat laga Liverpool musim lalu, (James) Milner juga mengatakan bahwa umpan di menit ke 44 juga sebuah gol yang sah, meski wasit (Antonio) Mateu Lazoh tidak mengakui hal itu.” terang Guardiola.

“Kami tidak suka mencetak gol dengan menggunakan cara seperti itu. Tapi Sterling tidak menyadarinya, lalu kemudian wasit menyadari hal itu.” sambungnya.

Lebih lanjut, Guardiola juga berharap turnamen sebesar Liga Champions bisa mulai menggunakan VAR agar dapat lebih meningkatkan kinerja wasit ke depannya, terutama dalam meminimalisir kesalahan wasit.

“Wasit sudah sejak lama berharap menggunakan bantuan karena mereka juga tidak ingin melakukan kesalahan. Pada akhirnya, pasti akan ada bantuan (teknologi).” pungkas pelatih asal Spanyol tersebut.