Menurunnya Kualitas Madrid Bukan Hanya Disebabkan Oleh Ronaldo

by

Ulasanbola – Pengamat sepak bola, Guillem Balague menilai kesulitan yang dialami Real Madrid saat ini bukan hanya disebabkan oleh perginya pemain andalan mereka, Cristiano Ronaldo. Menurutnya, kondisi dari setiap pemain El Real saat ini juga telah mempengaruhi kualitas permainan tim.

Di musim 2018/19 ini, langkah Madrid memang tidak berjalan dengan baik. Setelah memperoleh beberapa hasil positif di awal musim, namun di empat laga terakhir Madrid seperti kehilangan kekuatannya.

El Real mengalami kesulitan untuk mencetak gol ke gawang lawan, bahkan tiga di antaranya berakhir dengan kekalahan. Rentetan hasil buruk itu pun membuat posisi Julen Lopetegui terancam tergeser dari kursi kepelatihan.

Berbagai spekulasi terus mencuat bahwa penurunan yang dialami El Real saat ini akibat dari dampak perginya Ronaldo yang selalu menjadi pencetak gol aktif. Namun bagi Balague, justru ada masalah lebih besar yang berdampak pada penurunan El Real.

Penurunan Setiap Aspek

Penurunan Setiap Aspek

“Ceritanya selalu menjadi sederhana jika hanya ada satu alasan, tapi tidak sesederhana itu.” ujar Balague.

“Yang pasti bahwa mereka melakukan tembakan lebih sedikit, mencetak gol lebih sedikit dan menciptakan peluang lebih sedikit. Ada sesuatu yang terjadi.” imbuh Balague.

Kepergian Ronaldo memang telah memberikan lubang besar pada Madrid. Tetapi menurut Balague, kondisi buruk yang menerpa para pemain kunci El Real juga telah memberikan pukulan atas keterpurukan saat ini.

“Ronaldo membelokkan statistik sedikit karena dia dapat membuat tembakan lebih banyak dari siapa pun yang ada di Eropa. Dan pada tahap ini, musim lalu dia hanya mencetak empat gol sebelum memasuki Januari.” jelas Balague.

“Dan masalah itu bertambah saat tiga pemain mereka mengalami cedera. Isco, Carvajal dan Marcelo sangatlah penting untuk tim ini karena mereka tidak memiliki pemain sayap.” pungkasnya.