Merebut Puncak Grup, Southgate Siap Tanduk Martinez

by

Ulasanbola – Inggris dan Belgia akan saling berhadapan di macthday ketiga mereka di Grup G Piala Dunia 2018 Rusia, hari Jumat (29/6) dini hari WIB nanti. Laga yang seharusnya manjadi duel hebat antara kedua tim favorit justru menjadi kurang bergairah karena keduanya sama-sama telah dipastikan lolos ke 16 besar.

Laga ini hanya menentukan siapa yang akan memimpin puncak klasemen Grup G, yang tidak terlalu penting bagi pelatih Belgia, Roberto Martinez.

Namun bagi pelatih Inggris, Gareth Southgate  menyatakan bahwa kemenangan adalah kewajiban untuk tetap menjaga stabilitas timnya. Menurutnya Inggris harus menang demi menjaga kualitas permainan timnya hingga ke fase knockout nanti.

Mentalitas Juara

Mentalitas Juara

Skuat Inggris yang terdiri dari pemain-pamain muda memang membuat mereka dipandang sebelah mata sebelumnya. Kurangnya pengalaman adalah salah satu alasannya. Oleh karena itu Southgate mengharuskan kemenangan untuk timnya untuk menjaga mentalitas anak asuhnya.

“Kami ingin memenangkan pertandingan, itu artinya kami akan memuncaki grup dan terus maju ke babak selanjutnya apapun yang akan menanti kami.” tutur Southgate.

“Kami mencoba mengembangkan mentalitas juara, saya tidak bisa membayangkan jika situasi saya berdiri ada di depan anak asuh saya dan mulai berbicara mengenai kemenangan.”

Menanduk Roberto Martinez

Menandukkan Roberto Martinez

Terdapat hal unik di antara kedua tim ini, di mana mereka sama-sama mengumpulkan poin dengan jumlah sama (6), selisih gol yang sama (6), jumlah memasukkan gol sama (8) dan jumlah kebobolan yang juga sama (2).

Oleh karena itu, jika laga nanti berakhir dengan hasil imbang tanpa gol, maka disebabkan oleh kedisiplinan dan tekad tim yang sama-sama kuat. Mengenai hal ini, Southgate sedikit menanggapinya dengan bercanda. Apabila laga nanti masih dengan skor 0-0 di lima menit terakhir, maka dia akan menanduk Roberto Martinez.

“Jika saya menanduk Roberto di sisa lima menit terakhir, maka Anda akan tahu bahwa kami mengambil cara yang lain untuk lolos.” canda Southgate.

“Kami selalu berbicara dengan pemain mengenai kedisiplinan ketika di atas lapangan, jangan melakukan tendangan yang tidak perlu.”

“Bagian dari sikap disiplin di sebuah turnamen besar adalah meminimalisir kartu kuning, jadi Anda mempunyai banyak pilihan pemain yang tersedia untuk dimainkan di pertandingan selanjutnya.” tutup Southgate.