Messi Tidak Butuh Piala Dunia untuk Buktikan Dirinya Pemain terbaik

by
Messi Tidak Butuh Piala Dunia untuk Buktikan Dirinya Pemain terbaik

Ulasanbola – Legenda sepak bola Brasil, Zico mengatakan Messi tidak membutuhkan gelar Piala Dunia untuk membuatnya layak disebut sebagai pemain terbaik. Menurut pria berusia 65 tahun itu, semua pencapaian yang Messi raih sepanjang karirnya telah membuktikannya berada di level terbaik sepak bola.

Messi memang memiliki karir yang bagus di tingkat klub, tapi karirnya bersama timnas Argentina tidak secemerlang bersama Barcelona. Dirinya kerap mendapatkan kritikan karena tidak pernah membawa La Albiceleste memenangkan satu kejuaraan pun.

Gelar Piala Dunia selalu menjadi patokan sekaligus penghakiman untuk pemain berusia 31 tahun tersebut. Namun Zico justru berpendapat lain mengenai hal itu, baginya Messi sudah membuktikan banyak hal yang lebih penting daripada hanya sekedar memenangkan Piala Dunia.

Yang Terpenting Adalah Pencapaian

Yang Terpenting Adalah Pencapaian
“Ini bukan sebuah frustasi. Saat ini publik hanya memikirkan pencapaian. Saya melihat karir Anda (Messi), apa yang sudah Anda lakukan adalah lebih penting. Sepak bola adalah permainan kolektif dan terkadang Anda harus bergantung kepada rekan satu tim Anda.” ucap Zico.

“Terkadang Anda dapat menentukan hasil pertandingan, tapi terkadang juga tidak. Maka, kehebatan seorang Messi tidak dapat ditutupi hanya karena dia belum menjuarai Piala Dunia.”

“(Johan) Cruyff juga tidak memenangkan Piala Dunia dan dia salah satu yang terbaik dalam sejarah, selalu seperti itu. Dan ada banyak kasus lain yang sama.” sambungnya.

“Itu terlalu berlebihan bagi saya, bukan kita. Jika Anda mendapati pemuda yang tidak menanyakan mengenai karir Anda, dia bertanya ‘sudahkan Anda menjadi yang terbaik? yang terbaik dari hal ini atau hal itu?’ Segalanya tidak berdasarkan menjadi yang terbaik. Sepak bola mengenai permainan kolektif, bukan permainan individu.” tegas pria kelahiran Rio de Janeiro, Brasil tersebut.