Moise Kean Dapat Perlakuan Rasial, Bonnuci Justru Dikritik

by
Moise Kean Dapat Perlakuan Rasial, Bonnuci Justru Dikritik

Ulasanbola – Leonardo Bonucci mencoba bersikap objektif atas perlakuan rasial yang diterima rekannya, Moise Kean pada laga Juventus menghadapi Cagliari (03/4) di Sardegna Arena. Tetapi bek berusia 31 tahun itu justru mendapat kritikan dari pemain yang pernah menjadi korban rasisme, yaitu Raheem Sterling dan Mario Balotelli.

Rasisme di sepak bola Italia kembali terulang. Jika sebelumnya terjadi pada Kalidou Koulibaly, kini yang menjadi korban dua punggawa berkulit gelap Juventus. Selain Kean, Blaise Matuidi juga terkena imbas dari aksi rasisme fans Cagliari.

Kean yang mencoba membalas perlakuan tersebut, melakukan selebrasi menantang usai mencetak gol di menit ke 85. Pemain berusia 19 tahun itu berdiri di hadapan para pendukung Cagliari dengan menelentangkan kedua tangannya. Alhasil, fans Cagliari justru terpancing dan memberikan reaksi yang lebih provokatif.

Situasi yang semakin tidak terkendali membuat panitia memberhentikan pertandingan sementara. Hal itu dilakukan demi menghentikan aksi rasisme dan mengembalikan suasana kondusif.

Pernyataan Kontroversi Bonucci

Pernyataan Kontroversi Bonucci
Usai pertandingan tersebut, Bonucci  justru tidak ingin menentang perlakuan tidak pantas yang sudah fans Cagliari tunjukkan. Dirinya menyatakan bahwa kondisinya sama-sama salah.

“Kean tahu itu ketika dia mencetak gol, dia fokus melakukan selebrasi dengan rekan setimnya. Dia tahu bahwa dia dapat melakukan hal yang berbeda juga.” kata Bonucci.

“Ada perlakuan rasial setelah gol itu, Blaise (Matuidi) mendengar itu dan marah. Saya pikir kesalahannya adalah 50-50. Moise seharusnya tidak melakukan itu dan fans seharusnya tidak bereaksi dengan cara seperti itu.” tambahnya

Usai pernyataan kontroversinya tersebut, Bonucci mencoba memperjelas maksudnya dengan menuliskan ‘katakan tidak untuk rasisme’ melalui akun media sosialnya. Tetapi mengetahui pernyataan yang sudah dilontarkan Bonucci sebelumnya, Sterling dan Balotelli pun langsung menanggapi melalui akun media sosialnya.

“Kesalahannya 50-50 @bonuccileo19 yang bisa Anda lakukan sekarang hanyalah tertawa.” tulis Sterling.

“Hebat, beritahu kepada Bonucci bahwa dia beruntung saya tidak berada di sana. Bukannya membela Anda, dia justru melakukan itu (menyalahkan)? Wow, saya sungguh terkejut.” tulis Balotteli.