MotoGP di Thailand Resmi Dibatalkan Oleh Federasi Balap Motor International

by
MotoGP di Thailand Resmi Dibatalkan Oleh Federasi Balap Motor International

Ulasanbola – Federasi Balap Motor Internasional atau disingkat menjadi FIM, kemudian Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA), dan juga Dorna Sports yang merupakan promotor MotoGP secara resmi mengumumkan bahwa Grand Prix Thailand resmi ditunda. Hal itu dilakukan meski seharusnya digelar di Sirkuit Buriram tanggal 20-22 Maret karena wabah virus corona yang berkembang.

Penundaan event ini dirilis melaui website MotoGP.com pada Senin (2/3/20), beberapa jam setelah Anutin Charnvirakul atau Menteri Kesehatan Thailand. Dirinya menyatakan hal tersebut melalui media lokal negaranya dan salah satunya melalui media Bangkok Post.

Uniknya, penundaan MotoGP Thailand juga diumumkan selang sehari setelah FIM, IRTA, dan Dorna Sports mengumumkan pembatalan pekan balap kelas MotoGP. Padahal balap kelas motor besar yang ramai di dunia itu bakal diselenggarakan di Losail, Qatar. Lalu Moto2 dan Moto3 tetap beraktivitas seperti biasa, karena sudah lebih duhulu dilaksanakan sejak Kamis (27/2/20) demi uji coba pramusim.

Pernyataan Dari Federasi Motor Balap International

Penundaan balap MotoGP yang sedang ramai diperbincangkan ini dilakukan karena pengaruh virus corona yang terus merebak di dunia. Wabah virus corona hingga saat ini juga sudah memberikan banyak korban khususnya setiap negara membuat antisipasi di bandara masing-masing. Inilah pernyataan resmi yang tertulis dari oleh FIM untuk meresmikan penundaan event balap ini:

“Karena terjadinya wabah global virus corona yang terus berkembang, pemerintahan negara Thailand menyatakan bahwa tak memungkinkan menggelar OR Grand Prix Thailand pada tanggal yang terjadwal sebelumnya. FIM, IRTA, dan Dorna juga menyesal setelah mengumumkan tentang gelaran ini meski diselenggarakan pada tanggal 22 Maret di Buriram nanti yang ditunda.

“Federasi yang disebutkan di atas, saat ini sedang mengevaluasi apakah ada tanggal alternatif yang memungkinkan untuk menyelenggarakan gelaran tersebut. Informasi selanjutnya akan dipublikasi setelah ada jadwal yang tersedia.”