Nasib Formula E yang Harus Ditangguhkan Selama 2 Bulan

by
Nasib Formula E yang Harus Ditangguhkan Selama 2 Bulan

Ulasanbola – Formula E dan juga kompetisi yang similar dengan itu atau FIA dengan resmi sudah memutuskan penangguhan pada musim 2019/2020 selama dua bulan. Hal itu mereka lakukan karena tambah merebaknya wabah virus corona Covid-19 yang semakin parah. Peresmian ini sudah diumumkan melalui situs resmi kejuaraan kompetisi ini pada Jumat (13/3/20) kemarin.

Kemudian Februari lalu, FIA dan juga Formula E sempat membatalkan E-Prix Sanya di China, yang semestinya digelar pada 21 Maret. Selain itu, hal lainnya juga disusul dengan pembatalan E-Prix Roma, Italia yang seharusnya digelar pada tanggal 4 April.

Kemudian hari Rabu (11/3/20) lalu, ternyata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Formula E dengan resmi mengumumkan penundaan E-Prix Jakarta. Kompetisi itu seharusnya diadakan pada tanggal 6 Juni nanti tahun 2020.

Kejuaraan seperti ini ternyata memberlakukan ‘sistem bendera’ yang biasa digunakan dalam dunia balap. Sistem tersebut ternyata untuk menunjukkan apakah balapan harus dibatalkan, ditunda, atau masih tetap digelar sesuai jadwal yang ditentukan.

Tidak Ada Aktivitas Sama Sekali

Perlu diketahui juga bahwa bendera merah yang dikeluarkan berarti tak ada balapan sama sekali pada bulan Maret dan April. Sedangkan bendera kuning memiliki arti untuk memberi kesempatan menggelar balapan yang dipertahankan, bulan Mei. Dan terakhir adalah bendera hijau yang berarti balapan tetap digelar ketika situasi sudah membaik dan stabil sesuai aturan berlaku.

Karena hal ini ditangguhan, maka tidak memungkinkan lagi untuk menggelar balapan di kota Paris, Seoul, dan juga Jakarta sesuai dengan jadwal yang berlaku.

Kompetisi FIA dan juga Formula E tetap akan bekerja sama dengan pihak otoritas lokal di setiap tempat penyelenggara demi mengamati situasi. Selain itu mereka juga mengevaluasi opsi lain untuk menentukan jadwal pengganti balapan jika ditangguhkan.

Ini pernyataan resmi dari seorang Founder dan Chairman of Formula E yang dipercaya, Alejandro Agag.

Pernyataan Seorang Founder & Chairman

“Ini merupakan waktu terbaik untuk melakukan aksi dan bertanggung jawab. Dan ini alasan kami memutuskan menangguhkan untuk musim ini sementara dan terus memperkenalkan langkah-langkah pencegahan dengan cara membekukan balapan selama dua bulan lamanya.

“Dunia balap seperti ini adalah bagian besar dari hidup kami dan menjadi sangat penting. Namun hal yang lebih penting adalah kesehatan dan keselamatan para staf serta penggemar kami beserta keluarganya. Begitu juga termasuk para penduduk kota di mana kami menunjuk tempat balapan.

“Sebuah kejuaraan ABB FIA Formula E ini akan kembali dengan kekuatan penuh. Dan sekalinya ada krisis kesehatan ataupun penyebaran Covid-19 yang mereda.”