Nasib Ramos dan Pique di Timnas Spanyol Beberapa Tahun ke Depan

by
Nasib Ramos dan Pique di Timnas Spanyol Beberapa Tahun ke Depan

Ulasanbola – Kegagalan timnas Spanyol di Piala Dunia 2018 atas tuan rumah Rusia, tentu menjadi salah satu alasan kuat untuk memperbaiki setiap pilar di dalam skuat Spanyol. Federasi sepakbola Spanyol (RFEF) langsung mengambil langkah cepat dengan menunjuk Luis Enrique sebagai pelatih baru La Furia Roja untuk memberi perubahan.

Sebagainmana diketahui, permainan tim Matador di Piala Dunia 2018 terbilang di bawah rata-rata. La Furia Roja masih mengandalkan permainan tiki-taka nya, yang mana pada laga melawan Rusia tercatat lebih dari seribu umpan. Namun tetap saja berakhir pada babak adu penalti sekaligus kekalahan mereka.

Penempuhan langkah baru tersebut, menuntut untuk merubah habis-habisan timnas Spanyol, baik dari segi taktik maupun susunan pemain. Beberapa pendapat menyarankan agar pemain senior sudah saatnya mundur dan memberi kesempatan bermain untuk yang masih muda, namun Enrique tidak sependapat dengan itu.

Gerard Pique

Gerard Pique

Setelah gagal di Piala Dunia 2018 beberapa waktu lalu, Pique memutuskan untuk pensiun dari karir internasionalnya di timnas Spanyol. Enrique menghargai keputusannya tersebut, tapi dia akan tetap berusaha untuk membujuk sang pemain, karena yang terpenting adalah perjuangan untuk memperkuat tim.

“Dia (Pique) merupakan kasus yang berbeda, dia sudah menyatakan statusnya dalam hal itu, kami juga harus melihat setiap kasus-kasus lain.” ujar Enrique.

“Pique sudah menunjukkan kemampuannya di level yang terbaik dan saya akan lebih senang jika semua pemain masih bersedia, tapi tetap saja kami harus menerima setiap pilihan pemain dan menghargai pilihan itu, kita lihat nanti.”

Sang Kapten Sergio Ramos

Sang Kapten Sergio Ramos

Lebih lanjut, Enrique juga menilai keterlibatan pemain senior di dalam timnya juga sungguh penting. Menurutnya pemain senior seperti Sergio Ramos bisa membantu untuk mempersatukan sebagai sosok seorang kapten.

“Itu (sosok kapten) sesuatu yang harus kita lihat di skuat utama. Dia yang mampu menjadi kapten selalu yang memiliki jumlah penampilan lebih banyak dan saya tidak akan mengubah hal itu.”

“Sepengetahuan saya, saya tidak pernah memiliki masalah apa pun dengan pemain. Saya juga tidak memiliki masalah dengan Ramos. Ada banyak perubahan di dalam federasi, tapi hal itu tidak akan mempengaruhi tekad pemain.” pungkasnya.