,

PBSI Memberikan Aturan Atlet Mereka Walau Sedang Isolasi Mandiri

by
PBSI Memberikan Aturan Atlet Mereka Walau Sedang Isolasi Mandiri

Ulasanbola – Pebulu tangkis Indonesia yang harus melakukan isolasi mandiri di wilayah Cipayung diwajibkan untuk menjaga kondisi tubuh mereka. Dengan program latihan belum berjalan normal, hal itu musti dilakukan mereka selagi wabah virus Corona belum mereda. Para atlet milik timnas masih diberi program latihan khusus terutama untuk menjaga fisik mereka walaupun harus berlatih sendiri.

Berlatih fisik dari Pelatnas PBSI, Felix Ary Bayu Marta, menjelaskan kepada para pemain masih mendapat program latihan setiap sektornya. Program ini dibedakan setiap atlet, tergantung kondisi dan kebutuhan yang digunakan.

Program yang diberikan PBSI adalah latihan fisik yang mencakup endurance atau ketahanan, speed mereka, serta kekuatan, termasuk cara koordinasi gerak, dan lain sebagainya.

“Kami memberi progrm lari, bersepeda dan juga menjaga berat badan mereka. Program latihan yang diberikan tetap sama, dengan berkurangnya porsi latihan teknik, agar mereka tidak terlalu merasa kelelahan. Namun, kami memberi intensitas lebih, agar durasi ataupun volume latihan mereka bisa dikurangi,” ucap Felix.

Latihan Fisik Setiap Hari

PBSI Memberikan Aturan Atlet Mereka Walau Sedang Isolasi Mandiri

Felix juga menjelaskan seputar program latihan fisik untuk tim pelatnas yang berbeda-beda setiap hari di Cipayung. Contohnya pada hari Senin, mereka diharuskan untuk latihan yang menekankan pada peningkatan ketahan fisik seperti jogging.

Pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu PBSI menyiapkan latihan gerakan dasar menggunakan berat badan atlet, core, serta cara koordinasi gerak dan ketahanan atlet. Namun, pada Rabu dan Jumat, atlet di asrama harus melahap latihan untuk kecepatan dan daya tahan mereka.

Latihan sebenarnya masih disesuaikan dengan para atlet yang bersangkutan. Bagi yang membutuhkan endurance atau speed, diharuskan memiliki porsi latihan yang sudah diatur pelatihnya. Sedangkan untuk fisik, mereka bisa berkoordinasi dengan pelatih teknik untuk mengevaluasi performa atlet.

Tetap Tanggung Jawab

Felix juga sempat mengatakan jika menurunnya intensitas latihan, akan membawa pengaruh bagi kondisi fisik para atlet Indonesia. Hal ini karena menurunnya VO2 Max mereka selama masa isolasi mandiri. VO2 max merupakan volume maksimal oksigen. Oksigen yang mereka butuhkan nantinya akan diproses oleh tubuh masing-masing saat melakukan kegiatan yang intensif setiap harinya.

VO2 max sendiri adalah parameter untuk kebugaran para atlet yang nantinya memengaruhi tingkat intensitas dan ketahanan mereka. Intensitas setiap hari para atlet setiap harinya karena harus melakukan volume berlari dalam waktu tertentu serta kecepatan tertentu. “VO2 max para atlet Indonesia pasti akan turun ketika latihan, namun kita musti jaga agar turunnya tidak terlalu signifikan,” tambah Felix.

Felix berpesan juga kepada para atletnya agar tetap disiplin demi kondisi fisik mereka terjaga selama latihan. “Mereka seharusnya memiliki kesadaran, karena profesi mereka adalah atlet, para atlet diharuskan memiliki tanggung jawab,” pungkas Felix.