,

Penjelasan Ritual Valentino Rossi Sebelum Balap MotoGP Dimulai

by
Penjelasan Ritual Valentino Rossi Sebelum Balap MotoGP Dimulai

Ulasanbola – Seorang pebalap profesional milik Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, sejauh ini terkenal sebagai salah satu rider MotoGP yang selalu mengadakan ritual sebelum memulai start. Tertulis dalam buku otobiografinya What If I Have Never Tried It yang dia rilis tahun 2005 lalu, ternyata Rossi mengakui alasannya.

Ritual seorang Rossi yang percaya dengan takhayul, dirinya selalu berjongkok di sebelah kanan motor dan memegang bagian footpeg. Setelah itu dirinya langsung menaiki motornya untuk keluar dari pitlane demi memulai balap lagi. Ternyata, ritual ‘jongkok’ yang sering Rossi lakukan ketika di grid sebelum balapan dimulai pasti selalu dilakukan.

Bedanya, dengan berjongkok di grid Rossi melakukannya bukan untuk memegang footpeg, melainkan untuk berbicara dengan motornya. Rossi biasanya memilih berjongkok dengan membawa botol minum lalu berbisik serta membentur-benturkan pundaknya dengan ringan pada bagian fairing motor miliknya.

Berbicara Dengan Sang Motor

Saat melakukan wawancara denganmedia belum lama ini, Rossi menjelaskan arti yang dilakukannya saat di grid tersebut. “Ketika saya mendekati motor, itu adalah sebuah ritual. Saya pasti jongkok di sebelah motor saya,” ucap peraih juara dunia sembilan kali.

“Saya saat itu mencoba untuk berbicara dengannya dan memberi semangat. Saya mengucapkan kepadanya jika pada saat start, hanya ada saya dan dia, dan nantinya kami harus mencoba untuk naik podium. Saya juga berbicara padanya bahwa dia harus membantu saya meski terjadi momen yang sulit. Motor saya memang tidak pernah menjawab apapun, tapi jika dia bisa bicara, saya tidak mungkin kaget,” jelas The Doctor pada media.