Pujian Fletcher untuk Skema Usungan Solskjaer yang Ulasanbola Kutip

by

Ulasanbola – Mantan pemain Manchester United, Darren Fletcher melayangkan pujian untuk taktik jitu yang diterapkan Ole Gunnar Solskjaer pada laga melawan Tottenham Hotspur. Menurut pemain yang kini memperkuat Stoke City tersebut, taktik Solskjaer adalah taktik yang jenius.

Peluang Solskjaer untuk mendapatkan kontrak permanen sepertinya semakin besar. Dengan status sebagai pelatih interim, Solskjaer telah melebihi ekspektasi klub yang sebelumnya dalam kondisi terpuruk.

Solskjaer juga mencatatkan rekor baru sebagai pelatih United yang pertama memenangkan enam laga awal secara beruntun sejak pengangkatan. Rekor yang sebelumnya di pegang oleh pelatih legendaris The Red Devils, Sir Matt Busby adalah catatan lima kemenangan beruntun pada lima laga awal.

Kinerja apik tersebut telah membuktikan kualitas Solskjaer sebagai seorang pelatih. Bukan hal yang keliru jika United memberikannya jabatan pelatih tetap di akhir musim nanti.

Baca juga: Dibandingkan dengan Solskjaer, Pochettino Tidak Ingin Ambil Pusing

Eksploitasi Ruang Kosong

Eksploitasi Ruang Kosong
Fletcher yang menyaksikan laga tersebut, melihat skema yang dibawakan Solskjaer sangat cerdas dalam memanfaatkan situasi, khususnya ruang kosong area lawan.

“Babak pertama merupakan sebuah taktik kelas atas. Rencananya di awal laga adalah untuk berlari menuju ruang-ruang kosong dan membuat Spurs kesulitan. Setiap kali mendapatkan kesempatan, mereka selalu bisa mengeksploitasi ruang kosong yang ada.” terang Fletcher.

“Mereka langsung menyerang Spurs saat babak pertama. Mereka melakukan itu karena bek sayap Spurs yang senang bermain melebar dan menyerang. Maka, rencana mereka adalah agar (Anthony) Martial dan (Marcus) Rashford berlari di celah kosong antara Toby Alderweireld maupun Jan Vertonghen, mereka melakukan itu sepanjang pertandingan.” sambungnya.

“Tidak ada bek yang ingin berhadapan dua lawan dua melawan Martial, Rashford dan (Jesse) Lingard karena mereka cepat. Mereka memiliki kapasitas dan mereka adalah ancaman.” tandas pemain asal Skotlandia tersebut.