Rangking FIFA Diumumkan, Prancis Memuncaki Klasemen Sementara Jerman Terlempar

by
Rangking FIFA Diumumkan, Prancis Memuncaki Klasemen Sementara Jerman Terlempar

Ulasanbola – FIFA baru saja merilis rangking negara di bulan Agustus 2018 ini. Seperti yang diketahui, Prancis yang berhasil keluar sabagai pemenang di Piala Dunia 2018 sukses memuncaki klasemen rangking FIFA, sementara sang juara bertahan Jerman harus terlempar keluar sepuluh besar.

Hasil yang sangat memuaskan juga diperoleh empat negara yang bermain bagus di Piala Dunia 2018 lalu. Inggris saat ini telah masuk ke sepuluh besar dengan menduduki posisi ke 6. Sementara  sang runner-up, Kroasia naik 16 peringkat dengan mengambil alih posisi Portugal di peringkat ke 4. Brasil yang sebelumnya di peringkat 2, juga harus bertukar posisi dengan Belgia yang sebelumnya di peringkat 3. Perubahan paling drastis terjadi pada tim tuan rumah, Rusia yang dari peringkat ke 70 naik hingga 21 tingkat yang saat ini menduduki peringkat 49.

Selain itu, hasil kurang baik menerpa Italia yang harus terlempar dari 20 besar. Italia yang sebelumnya di peringkat 19, kini harus bertengger di peringkat 21. Polandia juga mengalami penurunan drastis hingga terlempar ke peringkat 18 yang sebelumnya di peringkat ke 8. Tapi Swedia yang berhasil lolos hingga ke perempat final naik 11 peringkat dengan berada di peringkat ke 13.

Nasib Buruk Jerman

Nasib Buruk Jerman

Prancis yang menjuarai Piala Dunia mendapat poin tambahan sebanyak 150 poin. Raihan poin terbanyak tersebut langsung menggeser beberapa tim terbaik di lima besar. Tetapi hasil yang sangat buruk harus diperoleh Jerman usai gagal di fase grup Piala Dunia 2018 lalu.

Der Panzer yang sebelumnya pemimpin klasemen, kini harus merosot tajam hingga jatuh 14 tingkat di peringkat ke 15. Sementara Argentina yang juga bermain buruk di Piala Dunia juga harus turun ke peringkat 11.

Sebagai informasi tambahan, FIFA sebelumnya menggunakan metode perhitungan rata-rata poin sebuah tim selama empat tahun dan dikumpulkan dengan hasil yang diperoleh selama 12 bulan terakhir. Metode ini telah diterapkan semenjak 2006 lalu dan memberikan dampak yang signifikan untuk pergerakan peringkat tim di klasemen.

Tetapi sekarang FIFA juga memiliki metode ELO yang juga perlu digunakan di cabang olaharga lain. Metode ELO ini, membuat nilai sebuah tim akan terus bergerak naik ataupun turun sebelum bertanding. Maka, dengan begini rangking FIFA akan lebih fluktuatif untuk ke depannya.