Rossi Akui Selalu Disarankan untuk Pensiun Setiap Kali Tidak Maksimal

by
Rossi Akui Selalu Disarankan untuk Pensiun Setiap Kali Tidak Maksimal

Ulasanbola – Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi akan segera menginjak usia 40 tahun pada tanggal 16 Februari nanti. Meski tidak muda lagi, tapi The Doctor masih memiliki semangat bertanding yang besar dan mampu menyaingi para pembalap muda lainnya.

Rossi memulai karirnya di dunia Grand Prix pada tahun 1996 lalu ketika berusia 17 tahun. Untuk mencapai MotoGP, The Doctor harus melalui tiga level yang berbeda, yakni 125cc, 250cc dan 500cc yang masing-masing dijalani selama dua tahun.

Pada tahun 2002, akhirnya Rossi memulai kiprahnya di MotoGP. Dengan status juara di level 500cc, Rossi langsung berhasil menjuarai MotoGP di musim pertamanya. Bahkan The Doctor mendominasi MotoGP selama empat tahun beruntun sebelum dilanjutkan dua gelar terakhirnya di tahun 2008 dan 2009.

Usia Bukan Masalah

Usia Bukan Masalah
Saat ini Rossi telah mengalami penurunan secara performa maupun fisik. Hal itu terlihat pada kesulitan selama sembilan tahun terakhir, yang membuatnya kerap mendapatkan kritikan dan tidak sedikit yang menyarankannya untuk mengakhiri karir.

“Usia bukanlah masalah, saya juga tidak memikirkan resiko saat balapan. Jika Anda mempertanyakan performa saya, sementara Maverick (Vinales) menang di Austarlia, maka saya hanya bisa berkata bahwa kami gagal mendapat setup dan gagal memilih ban yang tepat. Setiap kali saya kalah, saya selalu mendapatkan saran untuk pensiun. Itu keren, saya sudah mendengar hal-hal seperti ini selama 10 tahun.” ungkap Rossi.

Selain itu, Rossi juga mengakui bahwa ada perbedaan performa antara dirinya dengan Vinales yang dikarenakan selisih usia. Terkait hal tersebut The Doctor mencoba memberbaiki beberapa aspek demi mendongkrak performanya, termasuk gaya balap.

“Tetapi jelas ada perbedaan antara pembalap muda dengan saya. Ini mengenai pengembangan diri, seperti misalnya Maverick yang masih berusia 25 tahun. Jadi hal yang logis jika dia terus belajar dan menjadi lebih baik setiap tahunnya. Sementara saya harus lebih fokus pada aspek teknis, mengubah motor lebih bertenaga dan saya juga harus memperbaiki gaya balap.” pungkas pembalap berusia 39 tahun tersebut.