Rossi Kritik Regulasi Baru Dorna yang Tetap Menggelar Balapan di Hari Lain

by

Ulasanbola – Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi mengaku tidak puas dengan regulasi baru yang diterapkan pihak penyelenggara MotoGP (Dorna Sports) mengenai berlangsungnya balapan. Sebelumnya, Dorna telah memutuskan akan tetap menyelenggarakan balapan di hari berikutnya jika hari yang ditentukan tidak memungkinkan untuk balapan seperti pristiwa yang terjadi pada GP Inggris beberapa waktu lalu.

Pada balapan yang akan di gelar hari Minggu (26/8) lalu di Sirkuit Silverstone, cuaca buruk memaksa memaksa Dorna untuk membatalkan balapan. Kondisi lintasan yang dipenuhi genangan air, membuat balapan GP Inggris musim 2018 kali ini harus diurungkan karena dinilai terlalu berbahaya.

Namun, The Doctor menilai bahwa memundurkan berlangsungnya balapan ke hari berikutnya bukanlah solusi yang tepat. Bagi pembalap asal Italia itu, solusi tersebut tidak akan menyelesaikan masalah yang sebenarnya.

Rossi menyampaikan bahwa yang menjadi masalah adalah ketidaksiapan lintasan, seperti drainase yang tidak bekerja dengan baik. Apabila pengunduran hari dilakukan, maka pengelola lintasan tidak akan mengambil pelajaran dari pembatalan tersebut meski balapan dapat dilaksanakan pada hari berikutnya. Alhasil, masalah utama seperti drainase yang buruk tidak kunjung diperbaiki dan terbengkalai.

Tidak Perlu Ada Penundaan

Tidak Perlu Ada Penundaan

“Kami sedang mendiskusikan apakah kami harus melangsungkan balapan pada hari Minggu, Senin atau Selasa. Tetapi masalah yang terdapat di Inggris adalah permukaan aspalnya. Setiap operator lintasan harus bisa mengusahakan aspal yang dapat digunakan dalam kondisi hujan. Maka balapan tidak perlu ditunda hingga di hari Senin ataupun Selasa.” terang Rossi.

“Jika kita secara rutin menunda balapan hingga hari-hari berikutnya, tidak akan ada pengelola lintasan yang khawatir mengenai kelayakan aspal atau tidak. Maka, kami (seluruh yang terlibat di MotoGP) tidak dapat menyelesaikan masalah. Di Silverstone, aspal baru itu begitu buruk, itulah yang menjadi masalanya, bukan cuaca.” tambah Rossi.

“Tidak masalah bagi saya jika kami melaksanakan balapan pada hari Senin atau Selasa. Kami hanya harus menjamin bahwa kami memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan pertandingan ke Grand Prix berikutnya. Kita mungkin saja bisa tinggal di sana selama seminggu penuh.” tandas mantan pembalap Ducati tersebut.