Rossi Menyebut Ducati dan Honda Meniru Konfigurasi Yamaha

by
Rossi Menyebut Ducati dan Honda Meniru Konfigurasi Yamaha

Ulasanbola – Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi menyebut bahwa Ducati Corse dan Repsol Honda telah meniru konfigurasi mesin YZR M-1 milik Yamaha. Menurut Rossi, hal itu dilakukan untuk mengendalikan tenaga liar yang dihasilkan masing-masing mesin kedua tim tersebut agar dapat dikendarai dengan halus seperti YZR M-1.

Yamaha memang melakukan banyak perubahan semenjak satu dekade terakhir. Pabrikan Italia tersebut tetap teguh mempertahankan konsep mesin empat silinder yang dipadukan dengan big bang dan counter rotating crankshaft.

Sebelumnya, Honda dan Ducati dikabarkan menggunakan konfigurasi yang sama sejak tahun 2017 lalu. Namun di saat bersamaan, masalah utama yang terdapat pada perangkat elektronik Yamaha juga membuat mereka mengalami paceklik sejak GP Belanda 2017 lalu.

Pendapat Rossi

Pendapat Rossi

“Sangat mungkin juga jika mesin adalah masalahnya. Kami harus mengatakan bahwa Ducati dan Honda belajar dari Yamaha sekitar tiga atau empat tahun yang lalu. Yamaha sangat mulus, sementara Honda dan Ducati begitu berisik dan agresif sebelumnya.” papar Rossi.

“Sepertinya pada tahun lalu Ducati dan Honda telah membuat motor mereka seperti Yamaha. Tetapi mereka memakai konfigurasi v, sementara kami inline. Bisa saja itu menjadi penyebabnya, tapi saya juga tidak terlalu tahu mengenai hal itu.” tutup pembalap berusia 39 tahun tersebut.

Pada balapan GP San Marino 2018 yang berlangsung di Sirkuit Misano beberapa hari lalu, Rossi gagal tampil optimal di hadapan para pendukungnya. The Doctor hanya mampu finish di posisi ketujuh, namun rekan setimnya Maverick Vinales memperoleh hasil sedikit lebih baik dengan finish di posisi kelima.