Saatnya Argentina Mencari Pengganti Lionel Messi

by
Saatnya Argentina Mencari Pengganti Lionel Messi

Ulasanbola – Kegagalan Argentina di Piala Dunia 2018 Rusia juga merupakan kegagalan untuk sang kapten, Lionel Messi. Argentina yang dibawah asuhan Jorge Sampaoli, mencoba mengandalkan Messi sebagai senjata utama La Albiceleste, namun kurangnya support dan solidaritas tim, membuat skuat Sampaoli hanya melaju hingga 16 besar saja.

Argentina dinilai mempertaruhkan semuanya kepada bintang Barcelona tersebut. Bahkan sebelumnya Sampaoli mengatakan sengaja membentuk skema permainan yang dapat menyesuaikan dengan gaya permainan Messi.

Namun skema permainan yang menjadikan Messi sebagai senjata utama di barisan depan tidak berjalan baik, permainan Argentina dari beberapa laga yang dilakoni dapat dibaca oleh lawan. Terbukti ketika Messi sulit melakukan pergerakan dan melepaskan tembakan ke gawang tim lawan, karena permainan yang terlalu terpusat pada penyerang berusia 31 tahun tersebut.

Alhasil, Argentina hanya meraih hasil imbang saat laga perdana Piala Dunia 2018 melawan Islandia dan kalah telak 0-3 atas Kroasia, sebelum akhirnya benar-benar tersingkir di 16 besar melawan Prancis.

Membangun Tim Kembali

Membangun Tim Kembali

Mantan gelandang timnas Argentina, Juan Sebastian Veron merasa timnas negaranya tersebut harus mencari sosok pelatih yang dapat membangun tim dengan baik. Menurutnya Argentina harus benar-benar menjadi sebuah tim, bukan hanya tergantung pada Messi. Bagi Veron seharusnya Messi bisa menjadi bagian dari tim, bukan tim yang menjadi bagian dari Messi.

“Sudah saatnya membangun tim kembali. Saya kira kami harus mempersiapkan jalannya, untuk pertama kalinya berpikir mengenai tim dan bukan untuk seseorang yang diharapkan menjadi penyelamat tim.” unggkap Veron.

“Tentu saja, jika Leo (Messi) ingin menjadi bagian dari tim, mereka harus membantunya sedikit demi sedikit.”

Belajar pada Tim Lain

Belajar pada Tim Lain

Veron merasa Argentina harus segera mengambil tindakan tersebut, baginya banyak tim lain yang memiliki kerja sama yang hebat dan membuat tim tersebut lebih tangguh, contohnya adalah Kroasia.

“Kita bahkan harus melakukannya di saat-saat yang seperti ini, melihat perjuangan tim lain dan bagaimana cara mereka menghadapi Piala Dunia, saya rasa sungguh penting memikirkan mengenai tim.” tutup Veron.

Pendapat Veron mungkin saja dapat diterima, namun mengingat Piala Dunia di Qatar digelar pada tahun 2022, kemungkinan sosok Lionel Messi tidak lagi bermain dalam skuat La Albiceleste karena usianya yang akan menginjak 35 tahun pada empat tahun mendatang.