Salah Satu Alasan Gagalnya Beberapa Tim Besar di Piala Dunia 2018

by
Salah Satu Alasan Gagalnya Beberapa Tim Besar

Ulasanbola – Mantan pemain Kroasia, Davor Suker tutur berkomentar soal gagalnya beberapa tim besar yang difavoritkan di Piala Dunia 2018 ini. Tim seperti Jerman, Argentina, Portugal dan Spanyol sebagian besar gugur di 16 besar. Sedangkan timnas Belanda dan Italia harus menerima kekecewaan karena tidak dapat ikut merasakan ajang terbesar sepakbola Piala Dunia setelah tidak sanggup menembus babak kualifikasi.

Jerman tampil begitu buruk, bermain tanpa arah dan tersingkir di penyisihan grup. Argentina terlalu mengandalkan Lionel Messi, Portugal juga melakukan hal yang sama dengan berharap kepada Cristiano Ronaldo. Sementara Spanyol, bermain seperti tanpa gairah dan terlalu lambat.

Mencoba mencari alasan kenapa buruknya performa tim-tim sekelas Argentina, Portugal, Spanyol dan juara bertahan Jerman. Davor Suker coba memperkirakan beberapa alasan sebelumnya, namun dia yakin penyebabnya adalah FIFA dan UEFA.

Faktor Kelelahan

Faktor Kelelahan

Menurut Davor, FIFA terlalu banyak menjadwalkan laga persahabatan di saat jadwal liga domestik sangat ketat. Dan di waktu yang sama UEFA menggelar Liga Champions dan Liga Eropa.

Hal ini membuat pemain-pemain terbaik di tim menjadi kelelahan, dan mereka juga menghabiskan banyak waktunya dalam perjalanan.

“Sesuatu terjadi pada tim-tim yang diunggulkan. Saya berpikir mengenai Jerman, Spanyol dan Argentina serta FIFA maupun UEFA. Kami harus memeriksanya jika kami dapat mengurangi jadwal pertandingan.” ujar Davor.

“Kami terlalu banyak mempunyai jadwal pertandingan liga domestik, laga persahabatan. Saya tahu bahwa uang dan hak siar adalah penting, namun kami tetap harus mengurangi jumlah pertandingan.”

Menjadi Duel Daya Tahan

Menjadi Duel Daya Tahan

Oleh sebab itu, juara Piala Dunia kali ini dapat ditentukan oleh hal-hal yang kecil seperti kekuatan fisik pemain maupun mental. Gugurnya tim-tim lain juga menjadi peluang untuk tim yang belum pernah mendapatkan gelar juara seperti Kroasia dan Belgia.

Di saat yang sama, empat tim berpengalaman lainnya seperti Brasil, Prancis, Inggris dan Uruguay akan berjuang untuk menambah koleksi trofi Piala Dunia mereka.