Schuster: Barcelona Semakin Ketergantungan pada Lionel Messi

by
Schuster: Barcelona Semakin Ketergantungan pada Lionel Messi

Ulasanbola Barcelona dinilai semakin bergantung dan tidak bisa lepas dari peran Lionel Messi. Penilaian itu disampaikan oleh legenda Barcelona, Bernd Schuster yang menyebut El Blaugrana kehilangan dominasinya tanpa sang kapten.

Peran Messi memang sudah tidak perlu dipungkiri lagi sangat penting di Barcelona. Musim ini dia masih menjadi pencetak gol utama dan kreator dari permainan Barcelona.

Messi mencatatkan 31 gol dan 24 assist dari 43 pertandingan di musim ini. Jumlah gol ini memang yang paling sedikit dalam 11 tahun terakhir, yang mana biasanya Messi konsisten mencetak paling sedikit 41 gol atau lebih per musim nya.

Meski begitu, peran Messi masih sangat penting untuk Barcelona. Pemain berusia 33 tahun itu masih belum bisa tergantikan sebagai tumpuan utama El Blaugrana.

“Sekarang Barcelona semakin ketergantungan pada Messi dibandingkan sebelum-sebelumnya.” kata Schuster.

“Messi masih bisa memenangkan pertandingan seorang diri. Dia memiliki kualitas untuk mencetak gol ke gawang Bayern dan dia bisa menentukan arah pertandingan.”

Schuster menilai Barcelona akan sulit mencetak gol tanpa kehadiran Messi. Barcelona hanya akan bermain pasif dan cenderung sulit mempertahankan bola jika La Pulga tidak bermain.

“Musim ini Barcelona memiliki dua opsi, yaitu Messi mencetak gol atau mereka bermain hebat saat tidak membawa bola.” paparnya.