, , ,

Selain Corona, Ternyata Peristiwa Ini Juga Pernah Hentikan Sepak Bola

by
Selain Corona, Ternyata Peristiwa Ini Juga Pernah Hentikan Sepak Bola

Ulasanbola – Terjadinya pandemi virus Corona yang sedang heboh akhir-akhir ini ternyata bukan satu-satunya peristiwa yang membuat kompetisi sepak bola menjadi lumpuh. Ada beberapa kejadian besar lain yang pernah membuat industri olahraga harus dihentikan untuk sementara waktu.

Maraknya virus Corona ternyata mulai merambah ke Eropa bulan Januari lalu berawal dari negara China. Italia kemudian menjadi negara yang memiliki dampak terparah dengan jumlah korban yang meninggal hingga 5,476 jiwa saat ini.

Kemudian untuk kompetisi Serie A sendiri, menjadi kompetisi pertama yang mesti ditunda karena terjadinya pandemi Corona. Tidak hanya itu, ternyata untuk kompetisi lainnya seperti La Liga dan Premier League, menyusul hingga kompetisi Euro 2020 yang sudah terjadwal.

Ternyata, ini bukanlah kompetisi sepak bola pertama kali di seluruh dunia yang harus ditunda. Ada dua kejadian lain yang membuat industri olahraga ini dihentikan dan jadwal digantikan.

Perang Dunia

Olahraga sepak bola ternyata harus mengalah karena kejadian ini. Ketika itu, memang banyak negara yang memilih untuk fokus dalam menyelesaikan perang dunia. Masalahnya, hal ini tidak merambah ke belahan dunia lain ketika terjadi. Hanya di benua Eropa saja yang menjadi wilayah perang saat itu.

Negara Inggris sendiri, ketika itu banyak liga di olahraga sepak bola dihentikan di tengah jalan pada musim 1939/40 hingga 1946/47. Ketika itu, memang banyak pemain yang ikut berperang membela negaranya dan meninggal dunia dengan tragis.

Kemudian kompetisi lokal Prancis juga mengalami pemberhentian hingga tahun atau musim 1945/46. Kompetisi besar Piala Dunia bahkan harus dibatalkan yang seharusnya digelar pada tahun 1942 dan  juga 1946.

Lalu, Divisi Utama Spanyol masih dimainkan di tengah-tengah perang meskipun sempat terhenti karena adanya Civil War. Sementara untuk kompetisi Serie A Italia sempet berhenti pada musim 1944/45 pertm kali.